Alternatif Perbaikan Tanah Dasar Dan Perkuatan Timbunan Pada Jalan Tol Palembang – Indralaya (STA 8+750 s/d STA 10+750)

Siahaan, Logiray Pratikno (2017) Alternatif Perbaikan Tanah Dasar Dan Perkuatan Timbunan Pada Jalan Tol Palembang – Indralaya (STA 8+750 s/d STA 10+750). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3113106042-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Jalan Tol Palembang – Indralaya (Palindra) merupakan salah satu perencanaan dari ruas Jalan Trans Sumatera, yang menghubungkan Kotamadya Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir. Jalan tol ini rencananya akan dibangun di atas timbunan dengan elevasi yg relatif tinggi yaitu 3 meter s/d 7 meter pada STA 8+750 s/d 10+750. Selain itu penyelidikan tanah di lokasi tersebut menunjukan bahwa tanah dasar pada rencana jalan tol PALINDRA merupakan tanah lempung lunak hingga kedalaman 24 meter sehingga diperlukan perbaikan tanah dasar. Apabila suatu timbunan tinggi dibangun di atas tanah dasar lunak yg relatif tebal maka akan dapat terjadi kelongsoran. Sehingga perlu dilakukan perkuatan timbunan dan perbaikan tanah dasar untuk menghindari kelongsoran jalan. Metode perbaikan tanah yg digunakan adalah metode preloading sistem surcharge dan percepatan waktu pemampatan menggunakan PVD. PVD yg direncanakan dalam Tugas Akhir ini adalah dengan melakukan efisiensi biaya dengan melakukan variasi kedalamannya yaitu sedalam tanah lunak, 2/3 dan 1/3 kedalaman tanah lunak. Metode tersebut bertujuan untuk mendapatkan biaya perencanaan yang paling ekonomis tetapi sesuai syarat ijin Rate of Settlement. Pemasangan cerucuk dan geotekstile juga dilakukan untuk perkuatan timbunan jalan terhadap kelongsoran. Total harga yang paling ekonomis adalah alternatif PVD 20 meter (2/3 kedalaman tanah lunak) dengan harga Rp 131.674.293.621,52. Total harga geotextile alternatif PVD penuh adalah Rp 122.359.875.000,- sedangkan alternatif PVD 20 meter adalah Rp 118.910.880.000,-. Total harga cerucuk alternatif PVD penuh adalah Rp 31.379.712.000,- sedangkan alternatif PVD 20m adalah Rp 30.045.120.000,-. Dari total harga tersebut kemudian dapat ditentukan perbaikan dan perkuatan yang paling efisien dan memungkinkan dilakukan dilapangan. =============================================================================================================== Toll Road Palembang - Indralaya (Palindra) is one of the planning section of Trans Sumatra road, which connects the municipality of Palembang and Ogan Ilir. The toll road is planned to be built on top of the heap with a relatively high elevation that is 3 meters up to 7 meters at STA 8 + 750 up to 10 + 750. In addition soil investigation at the site showed that the subgrade on the toll road plans PALINDRA the soft clay soil to a depth of 24 meters so that the necessary repairs subgrade. If a high embankment built on soft subgrade a relatively thick then it can happen landslide. So that should be the strengthening of the pile and soil improvement basis to avoid sliding path. Soil improvement methods in use is a method of preloading surcharge system and the acceleration of time compression using PVD. PVD which are planned in this undergraduate thesis is to reduce their costs by doing a variation of depth is as deep as soft soil, 2/3 and 1/3 the depth of the soft ground. The method aims to obtain the most economical planning costs but appropriate permit requirements Rate of Settlement. Installation micropile and geotextile also made for reinforcement of embankment road against sliding. The total price of the most economical alternative PVD is 20 meters (2/3 depth of soft ground) at a price of Rp 131,674,293,621.52. Total price geotextile full PVD alternative is Rp 122 359 875 000, - while the PVD 20 meter alternative is Rp 118 910 880 000, -. Total price micropile full PVD alternative is Rp 31,379,712,000, - while PVD 20m alternative is Rp 30,045,120,000, -. Of the total price is then determined the improvement and reinforcement of the most efficient and allow to do in the field.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Geotextile, Cerucuk, Jalan Tol Palembang-Indralaya, Preloading, PVD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - LOGIRAY PRATIKNO
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:31
Last Modified: 06 Mar 2019 03:38
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item