Optimasi Penentuan Jumlah Truk Dan Penjadwalan Pengiriman Beras Raskin Dengan Data Penunjang Dari Sistem Informasi Geografis (SIG) Pada Perum Bulog Sub Divre Surabaya Utara

Nurmalatya, Namira (2017) Optimasi Penentuan Jumlah Truk Dan Penjadwalan Pengiriman Beras Raskin Dengan Data Penunjang Dari Sistem Informasi Geografis (SIG) Pada Perum Bulog Sub Divre Surabaya Utara. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2513100047-Undergraduate_These.pdf]
Preview
Text
2513100047-Undergraduate_These.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu tugas khusus dari pemerintah untuk Perum BULOG sebagai penyelenggara usaha logistik pangan adalah distribusi pangan pokok kepada masyarakat miskin, atau yang biasa disebut dengan RASKIN (Beras untuk Rumah Tangga Miskin). Pengiriman RASKIN pada Perum BULOG Sub Divre Surabaya Utara dilakukan dari gudang hingga ke titik distribusi dengan target penyelesaian pengiriman ke seluruh wilayahnya adalah 20 hari. Namun, saat ini masih terjadi keterlambatan pengiriman, dimana total waktu penyelesaiannya melebihi target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan optimasi penentuan jumlah truk dan penjadwalan pengiriman beras RASKIN dengan menggunakan model integer programming. Pada penelitian ini dilakukan running komputasi untuk seluruh wilayah cakupan, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo. Running komputasi menghasilkan penjadwalan pengiriman yang optimal sesuai target waktu yang ditetapkan. Penjadwalan tersebut juga termasuk dengan penentuan alokasi gudang yang menyuplai tiap pengiriman, dengan mempertimbangkan loading time. Hasil komputasi bahkan menunjukkan bahwa pengiriman pada tiap wilayah tersebut dapat dilakukan dalam rentang waktu yang lebih cepat dari kondisi perusahaan saat ini dengan memaksimalkan penggunaan 15 truk yang dimiliki, sehingga tidak terjadi keterlambatan pengiriman. Sedangkan berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa jumlah truk optimal untuk melakukan pengiriman ke titik distribusi adalah sebanyak 11 unit. Perbedaan jumlah truk tersebut akan berdampak pada frekuensi penggunaan truk itu sendiri, namun tetap akan menghasilkan jadwal pengiriman yang optimal. Bahkan perusahaan juga dapat mereduksi biaya investasi sebesar Rp 1.024.800.000 dengan menggunakan sejumlah 11 truk tersebut. Sehingga hasil optimasi tersebut dapat dijadikan pertimbangan oleh perusahaan dalam melaksanakan distribusinya. Adapun optimasi ini dilakukan menggunakan data penunjang dari Sistem Informasi Geografis (SIG). Pembuatan sistem informasi ini dapat memberikan penyajian data spasial maupun non spasial, sehingga perusahaan memiliki gambaran geografis atau visualisasi terkait lokasi distribusi serta memiliki jalur rute yang dapat mempermudah pelaksanaan pengiriman.
============================================================================================ One of the special task of the government to BULOG as providers of food logistics business is a food distribution to the poor, or commonly referred to RASKIN (Beras untuk Rumah Tangga Miskin). Distribution of RASKIN at Perum BULOG North Surabaya Regional Subdivision carried from the warehouse to the distribution points with completion targeted for delivery to the entire territory is 20 days. But it is still going on late delivery, where the total turnaround time exceeding the set target. Therefore, in this study the optimization determination of the number of trucks and delivery scheduling RASKIN rice using integer programming model. In this research, computational running for the entire coverage area, the city of Surabaya, Gresik and Sidoarjo. Running computing produces optimal delivery scheduling and within time specified. Scheduling is also included with the determination of the allocation of warehouses which supply each shipment, taking into account the loading time. The results showed that the delivery of computing even in each region can be done in the timeframe faster than the company's current condition by maximizing the use of 15 trucks owned, so there is no delay in delivery. While based on the analysis show that the optimal number of trucks to make deliveries to the distribution point is 11 units. Differences in the number of trucks that will have an impact on the frequency of use of the truck itself, but will still produce optimal delivery schedules. In fact, the company can reduce the investment cost of Rp 1.0248 billion by using a number of the truck 11. So that the optimization results can be taken into consideration by the company in carrying out its distribution. The optimization is performed using the supporting data from Geographical Information Systems (GIS). Making this information system can provide data presentation spatial and non-spatial, so the company has a geographic display or visualization of location-related distribution and pathways to facilitate the implementation of these shipments.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Integer Programming; Jumlah Truk; Optimasi; Penjadwalan; Sistem Informasi Geografis (SIG); Total Truck; Optimization; Scheduling; Geographical Information System (GIS)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - NAMIRA NURMALATYA
Date Deposited: 10 Mar 2017 01:22
Last Modified: 10 Mar 2017 01:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item