Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Analisa Trayektori Jangkar Terkait Risiko Akibat Terseret Jangkar Pada Pipa Gas Bawah Air

Shintarahayu, Balqis (2017) Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Analisa Trayektori Jangkar Terkait Risiko Akibat Terseret Jangkar Pada Pipa Gas Bawah Air. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4213100104-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peletakan pipa bawah laut pada wilayah pelayaran tentunya mempunyai risiko terjadinya bahaya. Pemicu bahaya yang mungkin terjadi dapat disebabkan oleh ship shinking, drop anchor, dan drag anchor. Dalam kasus penelitian ini, akan dianalisis trayektori jangkar terhadap offshore gas pipeline yang melewati daerah labuh jangkar terhadap bahaya dari drag anchor. Penetrasi dan trayektori drag anchor pada tanah dasar laut tidak hanya ditentukan oleh jenis jangkar dan tanah, tetapi juga dipengaruhi oleh garis instalasi dari suatu jangkar terutama segmen embedded di dalam tanah. Segmen dari garis instalasi pada air laut disebut garis catenary, segmen pada permukaan dasar laut disebut garis horizontal, dan segmen tertanam dalam tanah, yang memberikan kelengkungan terbalik dibandingkan dengan garis catenary, disebut garis embedded. Pada penelitian sebelumnya tentang metode analisa untuk posisi jangkar pada tanah dasar laut oleh Zhang Wei (2015) menunjukkan bahwa sistem interaksional antara drag anchor dan garis instalasi pertama kali diperkenalkan untuk analisis posisi jangkar. Berdasarkan dua model mekanik untuk embedded line dan drag anchor, persamaan posisi untuk drag anchor telah diturunkan persamaan baik untuk tanah kohesif dan non-kohesif. Metode analisis untuk drag anchor yang menggabungkan sistem interaksional antara drag anchor dan garis instalasi telah memberikan pendekatan teori untuk mengamati perilaku jangkar di tanah. Dengan menggunakan alat bantu komputer dan aplikasi perkantoran yang telah ada seperti VBA pada Microsoft Excel, pergerakan trayektori jangkar dikembangkan sehingga diperoleh pengembangan perangkat lunak untuk analisa trayektori jangkar terkait risiko akibat terseret jangkar pada pipa gas bawah air yang melewati daerah labuh jangkar pada studi kasus di Selat Madura untuk menstimulasikan posisi jangkar pada kondisi di titik jarak aman. ===================================================================================== The laying of subsea gas pipeline on the sailing area have a high risk of danger. Ship sinking, drop anchor, and drag anchor could cause the risk that may occured. In the case of this study, will be analyzed anchor trajectories against subsea gas pipeline passing through the anchoring area towards the dangers of drag anchor. Drag anchors positioning in seabed soils are firmly affected not only by the anchor and soil properties, but also by the installation line characteristics, particularly the segment of embedded in the soil. The segment of the installation line in the seawater is called the catenary line, the segment on the seafloor surface is called the horizontal line, and the segment embedded in soils, which presents a reverse curvature compared with the catenary line, is called the embedded line. On the previous study, the analytical method for positioning drag anchors on the seafloor surface by Zhang Wei (2015) showed that the interactional system between the drag anchor and installation line is initially introduced for the analysis of anchor positioning. Based on the two mechanical models for embedded lines and drag anchors, the positioning equations for drag anchors have been derived both for cohesive and noncohesive soils. The analytical method for positioning drag anchors which combines the interactional system between the drag anchor and the installation line has provided a reasonable theoretic approach to investigate the anchor behaviors in soils. By using computer tools and office applications that already exist such as VBA in Microsoft Excel, the movement of anchor trajectory was developed to obtain development of software for anchor trajectory to be applied for drag anchor analysis on subsea gas pipeline passing through the area of anchoring on the case study in Madura Strait to stimulate the anchor position on the conditions at the point of a safety distance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anchor Trajectory; Catenary Line; Dragged Anchor; Embedded Line
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - BALQIS SHINTARAHAYU
Date Deposited: 06 Mar 2017 08:12
Last Modified: 06 Mar 2019 03:01
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/2908

Actions (login required)

View Item View Item