ANALISA PEMILIHAN MODA ANTARA LYN LMJ DENGAN KENDRAAN PRIBADI

MURTIYASWITA, ERIEN (2017) ANALISA PEMILIHAN MODA ANTARA LYN LMJ DENGAN KENDRAAN PRIBADI. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 31115040512-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
31115040512-Non_Degree.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kota Surabaya adalah kota yang terbesar kedua di jawa. Sebagai ibu kota provinsi tentunya Surabaya memiliki tingkat pertumbuhan dan perkembangan kota yang sangat pesat akan menuntut masyarakat untuk melakukan interaksi dengan banyak pihak dan banyak tempat. Hal ini akan berakibat pada meningkatnya kebutuhan akan transportasi perkotaan. Beberapa moda transportasi yang di kota Surabaya aadalah bus kota, kereta api, angkutan kota (LYN), taksi, dan pesawat. Permasalahan yang dihadapai oleh masyarakat mengenai angkuatn umum khususnya LYN saat ini adalah fasilitas yang ada pada LYN tidak memadai, keamanan yang kurang dan waktu tunggu yang sangat lama. Masyarakat sangat menginginkan angkutan umum dngan fasilitas memadai keamanan yang cukup dan waktu tunggu yang tidak lama hanya sekitar maksimal 10 menit.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara atau penyebaran kuesioner kepada pengguna angkutan pribadi dengan teknik stated preference, data sekunder diperoleh dari badan pusat statistika dan dinas perhubungan. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regrsi berganda. Sebagai variable bebas dipakai tarif, lama perjalanan, lama perjalanan, waktu tunggu. Perhitungan dilakukan dengan bantuan Ms. Excel 2007 dan SPSS 20.0
Berdasarkan survey diketahui karakteristik responden pada pengguna mobil pribadi dapat diketahui karakteristik responden pada pengguna mobil dengan tujuan bekerja yang dilakukan dengan menggunakan satu moda memiliki presentase lebih besar dari pengguna motor. Sedangkan, variable bebas yang digunakan untuk analisis model pemilihan moda adalah: 1. Tarif, 2. Lama perjalanan 3. Waktu tunggu. Besar nya nilai masing-masing variable tingkat pelayanan tergantung dari besarnya tarif, lama perjalanan, dan waktu tunggu. Untuk permodelan transportasi mobil dan sepeda motor dipilih skema 2 dengan yaitu 1.33+0.116X1-0.037X2+1.33X3 untuk mobil 1.105+0.111X1-0.367X2+1.879X3 untuk sepeda motor dengan nilai masing masing 0.4. Dari persamaan diatas dapat diketahui probability dari masing-masing kendaraan. Pada mobil didapat probability 113 mobil/hari, sedangkan untuk sepeda motor didapat probability 59 motor/hari.
==========================================================================================
Surabaya city is the second largest city in Java. As the provincial capital of Surabaya certainly has a level of growth and development of the city very rapidly will require people to interact with lots of parties and lots of places. This will result in increased demand for urban transport. Several modes of transportation in the city of Surabaya aadalah city buses, trains, public transportation (LYN), taxis, and airplanes. The problems faced by the general public regarding particular angkuatn LYN today is the existing facilities at LYN inadequate, security is lacking and a very long wait time. People really want adequate public transport facilities * with adequate security and long waiting time is only about a maximum of 10 minutes.
Data were collected by interviews or questionnaires to users of private transport with the stated preference techniques, secondary data obtained from the central statistical agency and the transportation department. Analyses were performed using multiple regrsi analysis. As a free variable rates used, long journey, a long journey, waiting time. The calculation is performed with the help of Ms. Excel 2007 and SPSS 20.0

Based on the known characteristics of survey respondents in the private car users can know the characteristics of respondents in the car with the purpose of work is done using one mode has a greater percentage of motor users. Meanwhile, independent variables used for the analysis of modal choice models are: 1. Tariffs, 2. Long trip 3. Timeout. Her great niali each variable levels of service depending on the fare amount, duration and waiting time. For modeling the transport of cars and motorcycles have a scheme 2 by that 0.116X1-0.037X2 + 1:33 + 1,105 + 1.33X3 for cars 0.111X1-0.367X2 + 1.879X3 for motorcycles sdengan value respectively 0.4. from the equation above it is known the probability of each vechicle. In the car obatained probabilities 113 cars/day, while for motorcycles obtained robability 59 motors/day.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Angkutan pribadi, regresi pemilihan moda
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: - ERIEN MURTIYASWITA
Date Deposited: 24 Jan 2017 06:16
Last Modified: 16 Apr 2024 07:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2932

Actions (login required)

View Item View Item