Desain prototip drag and lift balance pada wind tunnel siklus tertutup

Tsabit, Habibi (2017) Desain prototip drag and lift balance pada wind tunnel siklus tertutup. Undergraduate thesis, institiut teknologi sepuluh nopember.

[img]
Preview
Text
2111100158-Undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam mekanika fluida dikenal gaya-gaya aerodinamika yaitu gaya drag dan gaya lift. Penelitian mengenai gaya drag dan gaya lift terus dilakukan untuk meningkatkan performansi pada suatu konstruksi yang berinteraksi dengan fluida. Saat dilakukan penelitian, peneliti pasti akan membutuhkan alat ukur. Selama ini alat ukur yang dilakukan pada close loop wind tunnel hanya berdasarkan distribusi tekanan pada permukaan bluff body. Padahal didalam pengukuran tersebut gaya drag dan gaya lift sangat sensitif dengan letak separasi. Penelitian kali ini dilakukan dengan menggunakan close loop wind tunnel dengan kecepatan maksimal 40 m/s. Wind tunnel siklus tertutup yang memiliki ukuran test section 30 cm x 30 cm ini belum dilengkapi dengan sebuah alat ukur drag dan lift, yang kemudian dibuatkan drag and lift balance. Selain itu wind tunnel ini memiliki intensitas turbulensi 0,49%. Alat ukur drag and lift balance ini divalidasi dengan menggunakan benda-benda standar seperti (bola, silinder, dan airfoil) untuk Re yang digunakan pada bola dan silinder yaitu antara 1×104 < Re < 1×105 sedangkan untuk NACA 0012 digunakan Re = 1.2 × 105 dan Re = 2.4 × 105 dengan variasi sudut serang (α) antara 0o sampai 15o. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui keakuratan data yang dapat diukur dengan menggunakan drag and lift balance ini. Hasil yang didapatkan dari studi ini berupa nilai CD dan CL. Hasil CD yang didapatkan pada bola mempunyai kecenderungan yang sama dengan literatur dan nilai ketidakpastiannya kurang dari 10% pada nilai Reynolds 1×104 < Re < 1×105. Sedangkan untuk nilai CD pada silinder juga memiliki kecenderungan yang sama yaitu sama dengan literatur dan nilai CD hasil percobaan memiliki nilai ketidakpastian kurang dari 10% pada Re > 8,0×104. Airfoil NACA 0012 memiliki nilai CD dan CL dengan ketidakpastian kurang dari 10%. ========================================================================================== Fluid mechanics is known for aerodynamic forces; they are drag force and lift force. The research about drag force and lift force continued to improve the performance of a construction that interacts with the fluid. When a research is conducted, the scientist always needs measuring equipment. So far the measuring equipment which is used in a closed loop wind tunnel is based by force distribution on bluff body surface. Whereas inside the measurement, drag force and lift force are very sensitive with separation space. This research has been done using a closed wind tunnel with a maximum velocity 40 m/s and has turbulent intensity 0.49%. The wind tunnel hasn’t furnished with a drag force and lift force measuring equipment, then the drag and lift balance are made. The measuring drag and lift balance are validated with standard objects such as sphere, cylinder and airfoil; (with 1×104< Re < 1×105 for sphere and cylinder then for airfoil NACA 0012 used Re = 1.2 × 105 and Re = 2.4 × 105 with angle of attack 0o until 15o) which has a purpose to learn the accuracy of the measured data with drag and lift balance. The obtained results from this study is CDand CLvalue. The obtained results from value CD of sphere has the same trend with literature and uncertain value CD of less than 10% on the value of Reynolds 1×104 <Re <1×105. As for the CD on the cylinder also have the same trend which is equal to the value of literature and the experimental results CD have uncertain value of less than 10% at Re> 8.0×104. Airfoil NACA 0012 had a value of CD and CL with an uncertainty of less than 10%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Drag and lift balance, drag coefficient, lift coefficient
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - MUHAMMAD TSABIT HABIBI
Date Deposited: 06 Mar 2017 09:22
Last Modified: 06 Mar 2017 09:22
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item