Analisa Kinerja Operasional Kereta Api Penataran Jurusan Surabaya Gubeng-Malang-Blitar

Lathiif, Muhammad Rohim (2017) Analisa Kinerja Operasional Kereta Api Penataran Jurusan Surabaya Gubeng-Malang-Blitar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113106049-Undergraduate_These.pdf]
Preview
Text
3113106049-Undergraduate_These.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengoperasian kereta api Penataran jurusan Surabaya Gubeng – Malang - Blitar adalah salah satu alternatif rute yang ditetapkan oleh PT. Kereta Api DAOP VIII Surabaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terutama untuk golongan masyarakat menengah kebawah akan adanya jasa transportasi yang dapat melayani kebutuhan mobilitas mereka baik saat berangkat beraktivitas maupun saat pulang beraktivitas dan memiliki kualitas yang mencakup keamanan, kenyamanan, ketepatan waktu dan efisien. Namun untuk mengetahui kinerja dari kereta api, perlu ditinjau dari segi waktu tempuh, selisih waktu kedatangan dan keberangkatan aktual dan terjadwal, nilai kenyamanan tempat duduk, faktor muat, prosentase keandalan serta analisa survey kepuasan penumpang dari kereta api Penataran jurusan Surabaya Gubeng – Malang – Blita.
Metode yang digunakan untuk mendapatkan data aktual adalah metode observasi atau pengamatan kinerja kereta api Penataran yang terjadi di lapangan terhadap jadwal, kenyamanan, faktor muat serta penyebaran kuisioner kepada penumpang guna mengetahui seberapa besar kepuasan penumpang terhadap pelayanan kereta. sedangkan .untuk data pendukung dilakukan wawancara terhadap pihak PT. KAI DAOP VIII bagian Jenior Operasional. Hasil analisa didapatkan waktu tempuh aktual (sore) untuk arah Surabaya menuju Blitar adalah 347 menit dan waktu tempuh terjadwal adalah 345,5 menit sedangkan waktu tempuh aktual (pagi) untuk arah Blitar menuju Surabaya adalah 297,25 menit dan waktu tempuh terjadwal adalah 295,5 menit. Selisih waktu kedatangan dan keberangkatan aktual arah Surabaya – Malang - Blitar didapat nilai rata-rata sebesar 12 menit sedangkan untuk arah Blitar – Malang - Surabaya didapat nilai rata-rata sebesar 2 menit. Angka kenyamanan ruang duduk 0,48 m2/space. Kapasitas kereta api Penataran 1 gerbong sebesar 106 penumpang. Load factor kereta api Penataran sebesar 1.04 sedangkan standart Load Factor adalah 1 atau 100 %. Prosentase keandalan berkisar antara 70% hingga 79% dimana di indikasikan bahwa apabila persentase keandalan diatas 50% maka dianggap masuk dalam batas andal. Analisa Kepuasan dan Kepentingan Penumpang disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menjadi prioritas utama kinerja Kereta api Penataran jurusan Surabaya - Blitar berada pada kuadran A. Dari hasil analisa bahwa waktu tempuh aktual, kenyamanan tempat duduk, serta kepuasan penumpang masih memenuhi standart operasional yang sudah ditentukan, hanya saja untuk faktor muat melebihi angka standart 1 yaitu 1,04.
==================================================================================================================
Penataran majors train operation Gubeng Surabaya - Malang - Blitar is one of the alternative route set by PT. Railway DAOP VIII Surabaya to address community needs, especially for middle-class people will be their transportation services that can serve the needs of their mobility both when going long or going home long and has a quality that covers security, comfort, timely and efficient. This final project aims to identify and analyze the travel time, the difference between the actual arrival and departure time and scheduled, the value of seating comfort, capacity, load factor, and the percentage of train reliability Upgrading majors Gubeng Surabaya - Malang - Blitar. The method used is the method of observation to get the actual data that occurred in the field to determine still delay bias or non-acceptance of railway Penataran to a predetermined schedule.
From the analysis travel time, the difference between the actual arrival and departure time and scheduled, the value of seating comfort, capacity, load factor, and the percentage of train reliability Upgrading majors Gubeng Surabaya - Malang - Blitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kereta Api Penataran, Surabaya Gubeng – Malang – Blitar, Analisa Kinerja dan Tingkat Kepuasan Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: - MUHAMMAD ROHIM LATHIIF
Date Deposited: 21 Apr 2017 08:03
Last Modified: 08 Mar 2019 06:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item View Item