ANALISIS POTENSI TERJADINYA RESONANSI PADA KAPAL PATROLI CEPAT DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

HASIBUAN, MUHAMMAD ANSORI (2017) ANALISIS POTENSI TERJADINYA RESONANSI PADA KAPAL PATROLI CEPAT DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4112100011-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Badan kapal dapat mengalami getaran yang disebabkan oleh eksitasi baling-baling dan permesinan. Getaran tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur kapal atau komponen-komponen permesinan dan peralatan elektronik. Selain itu, getaran juga dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada penumpang dan crew kapal. Jika hal tersebut terjadi, kinerja peralatan kapal dan crew dapat mengalami penurunan. Hal ini terjadi jika besarnya frekuensi eksitasi sama dengan frekuensi alami badan kapal atau yang disebut dengan resonansi. Penelitian ini menganalisis potensi terjadinya resonansi pada Kapal Patroli Cepat 28 m secara global dan lokal, yaitu pada geladak utama kapal. Perhitungan frekuensi alami dan mode shapes dilakukan dengan pemodelan kapal di Program Analisis Elemen Hingga (FEA Software). Metode penyelesaian yang digunakan adalah metode Block Lanczos. Frekuensi eksitasi baling-baling adalah 55,36 Hz dan frekuensi eksitasi mesin induk adalah 38,33 Hz. Berdasarkan hasil perhitungan dari FEA Software, didapatkan frekuensi alami model global untuk mode pertama sampai seratus berkisar antara 12,52 Hz sampai 77,37 Hz. Sedangkan untuk model lokal, didapatkan frekuensi alami untuk limapuluh mode pertama berkisar antara 16,21 Hz sampai dengan 92,82 Hz. Jika resonansi terjadi ketika frekuensi alami mendekati atau sama dengan frekuensi eksitasi, maka kapal secara global akan beresonansi dengan baling-baling pada mode ke-34, mode ke-35 dan mode ke-36. Sedangakan terhadap eksitasi mesin induk, badan kapal secara global tidak akan beresonansi. Untuk geladak utama kapal, resonansi akibat eksitasi baling-baling akan terjadi pada mode ke-11. Geladak utama juga tidak akan beresonansi dengan eksitasi mesin induk karena tidak memiliki frekuensi alami yang bernilai sama atau hampir sama dengan frekuensi eksitasi. ================================================================================================================== The main cause of vibration in fast patrol boats are mainly propellers and main engines. The vibration can lead to structural damage in a ship or its machinary components & electronics equipments. Moreover, the vibration can cause discomfort to the passengers and crews. If that happens, then the performance of the ship and crews can be decreased. This occurs when the excitation frequency equal to natural frequencies, or called resonance. This Final Project analyzes the resonance potential for a Fast Patrol Boat globally and locally on the main deck. The calculation of natural frequencies and mode shapes is done by modelling of Finite Element Analysis Software (FEA Software). The method used is the Block Lanczos Method. Based on the calculation, the exciting frequency of the propeller is 55.36 Hz and the exciting frequency of the main engine is 38.33 Hz. The result of the calculation of the natural frequencies of the global model for the first mode to the 100th modes is about 12.52 Hz to 77.37 Hz. And for main deck, the natural frequencies for the first to 50th modes is about 16.21 Hz to 92.82 Hz. In the global mode, the resonance occurs at the 34th – 36th mode of vibration, while in the local mode it occurs at the 11th mode. Resonance does not occur with the main engine both in global and local modes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Elemen hingga, frekuensi alami, kapal patroli cepat, mode shapes, Fast patrol boat, finite element, natural frequency
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MUHAMMAD ANSORI HASIBUAN
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:44
Last Modified: 08 Mar 2019 06:57
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item