Analisis Gerakan Kapal Terhadap Deck Wetness Dan Bottom Slamming: Studi Kasus Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT

Safiraa, Deanissa (2017) Analisis Gerakan Kapal Terhadap Deck Wetness Dan Bottom Slamming: Studi Kasus Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113100083-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4113100083-Undergraduate-Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui probabilitas deck wetness, probabilitas bottom slamming serta besarnya akselerasi vertical dan bottom pressure. Pengecekan besar nilai-nilai tersebut dilakukan pada empat kondisi sea state yaitu (1) sea state 3 dengan tinggi gelombang signifikan: 1.43 m, (2) sea state 4 dengan tinggi gelombang signifikan: 2.01 m, (3) sea state 5 dengan tinggi gelombang signifikan: 3.20 m dan (4) sea state 6 dengan tinggi gelombang signifikan: 4.36 m. Analisis Response Amplitude Operator (RAO) dan bottom pressure dilakukan menggunakan software Ansys Aqwa dengan membuat pemodelan keseluruhan kapal, lalu dilakukan perhitungan numeris untuk menentukan probabilitas deck wetness, bottom slamming, dan besarnya akselerasi vertical berdasarkan Bhattacharyya (1978). Dari hasil analisis tersebut didapatkan probabilitas deck wetness 0.009 untuk kondisi (1), 0.317 untuk kondisi (2), 0.668 untuk kondisi (3), 0.771 untuk kondisi (4). Dari hasil analisis tersebut juga didapatkan probabilitas bottom slamming 0.000 untuk kondisi (1), 0.000 untuk kondisi (2), 0.003 untuk kondisi (3), 0.022 untuk kondisi (4). Untuk bottom pressure didapatkan hasil 20482 Pa untuk kondisi (1), 28757 Pa untuk kondisi (2), 45737 Pa untuk kondisi (3), 62302 Pa untuk kondisi (4). Untuk akselerasi vertikal didapatkan hasil 0.01g untuk kondisi (1), 0.09g untuk kondisi (2), 0.17g untuk kondisi (3), 0.21g untuk kondisi (4), dimana g adalah percepatan gravitasi. Nilai bottom pressure kapal pada kondisi (1) sampai (3) memenuhi regulasi BKI untuk design bottom slamming pressure yaitu 43305.274 Pa, sedangkan pada kondisi (4) sudah tidak memenuhi. Nilai akselerasi vertical maksimal menurut IMO untuk kapal ferry adalah 0.15g sehingga diketahui bahwa kapal dapat berlayar sampai maksimal kondisi (2), sedangkan pada kondisi (3) dan (4) sudah melebihi batas maksimal.
=============================================================================================================
This final project aims at obtaining the probability of deck wetness, the probability of bottom slamming, also the value of vertical acceleration and the value of bottom pressure. The values are checked at four condition of sea state, namely (1) sea state 3 with significant wave height of 1.43 m, (2) sea state 4 with significant wave height of 2.01 m, (3) sea state 5 with significant wave height of 3.20 and (3) sea state 6 with significant wave height of 4.36 m. Analysis of Response Amplitude Operator (RAO) and bottom pressure is done using Ansys Aqwa software, then numerical calculation is performed to get the probability of deck wetness, the probability of bottom slamming and the value of vertical acceleration based on Bhattacharyya (1978). The analysis shows that the probability of deck wetness is 0.009 for condition (1), 0.317 for condition (2), 0.668 for condition (3), 0.771 for condition (4). The analysis also shows that the probability of bottom slamming is 0.000 for condition (1), 0.000for condition (2), 0.003 for condition (3), 0.022 for condition (4). For bottom pressure. For bottom pressure the result is 20482 Pa for condition (1), 28757 Pa for condition (2), 45737 Pa for condition (3) and 62302 Pa for condition (4). For vertical acceleration the result is 0.01g for condition (1), 0.09g for condition (2), 0.17g for condition (3) and 0.21g for condition (4), where g is the gravitational acceleration. The values of bottom pressure for condition (1) to (3) comply with the regulation of BKI for design bottom slamming pressure which is 43305.274 Pa, while for condition (4)has exceed the maximum value. The values maximum vertical acceleration according to IMO for ferry is 0.15g so it is observed that condition (1) and (2) complies to the IMO regulation, while condition (3) and (4) has exceed the maximum value.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.848 Saf a-1 3100017070091
Uncontrolled Keywords: Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT; Akselerasi Vertkal; Ferry Ro-Ro 500 GT, Deck Wetness, Bottom Slamming, Vertical Acceleration, Bottom Pressure.
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: DEANISSA S DEANISSA SAFIRAA
Date Deposited: 04 May 2017 03:18
Last Modified: 08 Oct 2020 09:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item