Desain Furniture Set Ruang Bayi pada Tempat Penitipan Anak (TPA)

Annisa, Hersynanda (2017) Desain Furniture Set Ruang Bayi pada Tempat Penitipan Anak (TPA). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100037-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
3412100037-Undergraduate-Theses.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Semakin maju dan berkembangnya teknologi informasi dan globalisasi membuat
pola hidup masyarakat di negara maju lambat laun membuat pola hidup masyarakat
di Indonesia. Kesibukan kedua orang tua yang bekerja akan menyababkan perhatian
kepada anak berkurang, maka wajarlah kebanyakan dari orang tua memilih
menitipkan anaknya di tempat penitipan anak dengan harapan mereka mendapat
pengasuhan dan pendidikan yang lebih baik. Selain itu maraknya tempat penitipan
anak juga didukung karena adanya pergeseran pola hidup masyarakat perkotaan.
Dimana semakin lama masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan
anak sejak usia dini. Tempat penitipan anak tidak sekedar menitipkan anak bagi
orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya, tetapi penitipan anak juga merupakan
salah satu alternatif pendidikan non-formal bagi anak usia dini. Pada Tempat
Penitipan Anak yang beragritasi, mereka tidak hanya sekedar tempat untuk
menitipkan anak, namun mereka juga menerapkan pendidikan usia dini. Anak
dituntut untuk mendiri dalam segi apapun, pendidikan kemandirian yang diterapkan
di TPA bertujuan agar anak bisa hidup mandiri dan tidak tergantung denga orang
lain kedepannya , apalagi mereka ditinggal kedua orang tuanya untuk bekerja. TPA
pada memiliki beberapa ruang, dan hampir semua TPA memiliki ruangan khusus
untuk bayi. Di TPA anak usia bayi pun sudah diterapkan pendidikan untuk
kemandirian. Namun sarana dan prasarana dalam ruang bayi kurang mendukung
dalam membentuk kemandirian anak salah satunya adalah furnitur di ruang bayi.
Furnitur bayi di TPA dengan furnitur yang ada di rumah seharusnya berbeda.
Furnitur bayi di TPA digunakan untuk beberapa anak sedangkan di rumah hanya
digunkan satu anak. Furnitur di TPA juga harus aman ketika anak beraktivitas
secara mandiri.
Tujuan utama perancangan ini adalah mendesain satu set furnitur untuk ruang bayi
pada Tempat Penitipan Anak (TPA) yang menerapkan pendidikan anak usia dini
serta yang membangun kemandirian anak. Bukan TPA yang hanya tempat
menitipkan anak tanpa menerapkan pendidikan usia dini. Diutamakan pada TPA
yang sudah berakreditasi, hal tersebut karena dalam pengasuhan anak dan
fasilitasnya sudah ada standarisasinya dan ada dasar hukumnya.
Proses desain dimulai dengan mengumpulkan data dengan interview user, observasi
lapangan, shadowing dan story telling. Hasil pengumpulan data tersebut kemudian
diolah untuk mendapatkan permasalahan dan kebutuhan sehingga menghasilkan
kensep yang solutif. Konsep desain pada perancangan ini adalah keamanan,
kemandirian, flexible, adjustable, playable, dan edukatif.
Pada perancangan ini, furnitur yang didesain adalah baby crib yang dilengkapi
dengan storage, alat bantu bayi untuk belajar berjalan dan cermin yang berfungsi
sebagay baby gym. Changing table yang dapat digunakan untuk 2 bayi dalam satu
waktu, dan meja untuk meracik makanan dan susu bayi.
==============================================================================================================
The more advanced and the development of information technology and
globalization make the lifestyle of the people in developed countries gradually
make the lifestyle of the people in Indonesia. The flurry of both parents working
will menyababkan less attention to the child, it was natural majority of parents
choose entrust their children in daycare in the hope they get care and better
education. Besides the proliferation of daycare is also supported for their shifting
patterns of urban community life. Where the longer people have an awareness of
the importance of education of children from an early age. Daycare is not only child
care for parents who are busy with work, but also child care is an alternative nonformal education for young children. At Daycare that beragritasi, they are not just
a place to leave their children, but they also implement early childhood education.
Kids are required to erect in any facet, educational autonomy implemented in a
landfill intended for children can live independently and not depend premises of
others in the future, especially when they left their parents to work. Daycare has
some space, and nearly all of the landfill has a special room for the baby. Daycare
infant age children had already applied education for self-reliance. But the facilities
and infrastructure in the baby's room less support in shaping the child's
independence one of which was furniture in the nursery. Baby furniture in a landfill
with the existing furniture in the house should have been different. Baby furniture
in the landfill used for some children while at home used for one child. Furniture in
the landfill must also be safe when children move independently.
The main purpose of this design is to design a set of furniture for the nursery at
Daycare (TPA) that implement early childhood education as well as building the
child's independence. Daycare not only childcare places without applying early
childhood education. Preference will be given to the landfill that have been
accredited, it is because in childcare and existing facilities and standardization is no
legal basis.
The design process begins with collecting data with user interviews, observation,
shadowing and story telling. The data collected is then processed to obtain the
problems and needs resulting concept solutional. Concept of the design is safety,
independent, flexible, adjustable, playable, dan educatif.
In this design, furniture design is the baby crib equipped with storage, tools baby
learning to walk and mirror as baby gym. Changing table which can be used for two
babies at a time, and a table for dispensing food and baby milk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tempat Penitipan Anak, Furnitur bayi, kemandirian
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 10 Mar 2017 06:05
Last Modified: 10 Mar 2017 06:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41169

Actions (login required)

View Item View Item