Perencanaan Pengaman Pantai Di Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur, Nunukan, Kalimantan Utara Perencanaan Pengaman Pantai Di Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur, Nunukan, Kalimantan Utara

Alamratri, Arum (2017) Perencanaan Pengaman Pantai Di Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur, Nunukan, Kalimantan Utara Perencanaan Pengaman Pantai Di Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur, Nunukan, Kalimantan Utara. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100133-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113100133-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pantai yang terletak di Desa Tanjung Aru, Kecematan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara ini memiliki gelombang yang cukup tinggi sehingga pantai pada daerah tersebut mengalami kemunduran garis pantai atau yang biasa disebut sebagai erosi pantai. Erosi pantai menyebabkan kerugian yang besar dengan rusaknya fasilitas dan pemukiman penduduk yang ada pada daerah tersebut.
Pengumpulan data dilakukan untuk merencanakan bangunan pengaman pantai. Dari ananlisis data pasang surut akan didapat elevasi muka air laut yang digunakan untuk menentukan elevasi mercu bangunan pengaman pantai. Dari pengolahan data angin akan diperoleh peramalan gelombang berupa tinggi, periode, dan arah gelombang. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat dipilih bangunan pengaman pantai dengan mempertimbangkan beberapa aspek, yaitu morfologi pantai, keuntungan dan kerugian masing-masing bangunan pengaman pantai, serta kondisi lingkungan yang ada pada daerah rencana. Bangunan pengaman pantai sendiri terdiri dari breakwater, groin, dan revetment.
Berdasarkan hasil perhitungagan dan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, maka dipilih bangunan pengaman pantai dengan tipe detached breakwater. Detached breakwwater adalah bangunan yang dibangunan sejajar garis pantai dan berada dekat dengan dengan surf zone. Material yang digunakan adalah batu pecah dan dolos dan memiliki kemiringan 1:2. Detached breakwater tersebut memiliki beberapa lapisan, yaitu primary layer, secondary layer, dan core layer.
=========================================================================================
Nunukan, North Kalimantan Province, has a high wave so that the coast demaged a shoreline setback or commonly called as erosion. Erosion is the cause of a great loss with damaging facilities and settlements.
Collecting data is needed to design shore protection structure. From analysis tidal data is obtained the sea levels which will be used in determaning the level of mercu structure. From analysis wind data will be obtained the height, period, and the directin of waves. From that analysis, the struture could be selected with considerating some aspects such as coastal morphology, advantages and disadvantages at each structure, and environmental conditions. Shore protectioan structure consists of breakwater, groin, and revetment.
Based on the result of the analysis and considarating some aspects, the shore protection structure that choosen is breakwater with detached breakwater type. Detached breakwater is a coast-parallel structure located inside or close to the surf-zone. The material in that structure is using gravel and dolos and has a 1:2 slope. Detached breakwater have some layers, such as primary layer, secondary layer, and core layer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 627.58 Ala p-1
Uncontrolled Keywords: Pantai di Desa Tanung Aru, erosi, pasang surut, gelombang, detached breakwater, dolos, Coast at Tanjung Aru, erosion, tidal, waves.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ALAMRATRI ARUM
Date Deposited: 02 May 2017 03:41
Last Modified: 05 Mar 2019 01:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41202

Actions (login required)

View Item View Item