Desain Kapal Wisata “Smart Edu Boat” Dengan Konsep Streamline

-, Azwin (2017) Desain Kapal Wisata “Smart Edu Boat” Dengan Konsep Streamline. UNSPECIFIED thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100135-Undergraduate-Theses.pdf] Text
3412100135-Undergraduate-Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta dan juga merupakan ibukota provinsi jawa timur. Sebagai kota besar, Surabaya tentu memiliki berbagai macam tempat rekreasi yang sudah di bangun untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam bidang rekreasi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), wisatawan nusantara yang datang berkunjung ke Surabaya mencapai angka 11 juta pada tahun 2013, angka ini meningkat sebanyak 2 juta lebih daripada tahun 2012. Bentuk wisata yang ditawarkan pada kota Surabaya sebagian besar adalah wisata yang berada di dataran rendah, padahal Surabaya memiliki potensi wisata air yang dapat dikembangkan. Fokus utama pada subjek perancangan ini adalah keberadaan sungai-sungai yang membelah kota Surabaya. Dahulu kala sungai-sungai ini merupakan sarana transportasi yang menghubungkan jalur perdagangan.namun seiring perkembangan zaman sarana transportasi ini mulai ditinggalkan dan sungai pun mengalami perubahan fungsi. Saat ini pemanfaatan sungai di Surabaya masih cenderung minim untuk sebagai objek wisata. Dalam hal ini solusi yang ditawarkan penulis adalah berupa sebuah perahu smart edu boat yang bertema Surabaya tempo dulu yang dikemas dengan modernisasi fitur-fitur yang ditawarkan serta gaya desain art deco yang diangkat untuk memperkuat suasana Surabaya tempo dulu. Penulis berharap boat ini akan menjadi sebuah ikon atau daya tarik tersendiri bagi masyarakat Surabaya untuk lebih mengenal Surabaya dari kacamata wisata air.
==============================================================================================================================
Surabaya is second largest city after Jakarta and also known as the capital city of East Java Province. However, Surabaya also provides some of recreation park to entertain their people which is in this opportunity. Based on Badan Pusat Statistik (BPS), Nusantara tourist that come to visit Surabaya reach number of 11 milion on 2013. This number is increased more than 2 million than 2012. Type of recreation that offers from Surabaya mostly is lowland condition. Inspite Surabaya have potential water recreation that could be growth., The main focus is on the river. Back in the days this rivers are functioned as main transportation which is connecting between trade and market activity,but now it is now it has changed. For now, river purpose of Surabaya is kind of decreasing. So at this time the solution is a smart edu boat to educate people about Surabaya tempoe doeloe packed in modern features and with art deco styling that improve environment for Surabaya tempoe doloe concept . Writers hopes that this boat can be used as the icon and attract people to know more about Surabaya. By focusing on workstation sistem, hopefully this boat can be used safely and comfortably for many occasion especially recreational boat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Smart edu boat; Streamline; Kalimas; Surabaya; Smart edu boat; Art Deco
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 09 May 2017 05:19
Last Modified: 27 Feb 2024 02:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41237

Actions (login required)

View Item View Item