Perancangan Serial Animasi Edukasi Etika Sosial Menggunakan Nilai Karakter Positif Untuk Anak Kelas 4 Dan 5 Sekolah Dasar

Vegalisa, Mita (2017) Perancangan Serial Animasi Edukasi Etika Sosial Menggunakan Nilai Karakter Positif Untuk Anak Kelas 4 Dan 5 Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3411100029-Undergraduate-Theses.pdf] Text
3411100029-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Masalah-masalah fenomena seperti kekerasan, acuh tak acuh, pendiam pada anak merupakan tanda dari perilaku buruk yang menganggu komunikasi antar pribadi yang disebut gangguan komunikasi. Gangguan komunikasi dikarenakan salah satunya kurangnya edukasi akan etika sosial,ilmu mengenai apa yang baik dan yang buruk dalam berinteraksi dengan orang lain. Akal budi, daya pikir untuk memahami menggunakan pikiran dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk, diperlukan untuk mengerti etika sosial. Akal budi sangat dipengaruhi oleh pola asuh, karena dalamnya, anak merasakan pengalaman dan ajarandari sosok yang membesarkan anak tersebut. Dalam pola asuh perlu dihadirkan edukasi akan nilai-nilai karakter positif yang diperlukan dalam perkembangannya agar anak dapat memiliki karakter yang membantunya dalam berkomunikasi dengan orang lain, dan membangun hubungan baik dan hidup yang lebih berarti.Target utama pengguna perancangan ini adalah anak kelas 4 dan 5 SD dikarenakan pada tahap itu, anak ada pada tahap kompetensi dan dalam lingkupan sosial utamanya adalah sekolah dan pertemanan.
Perancangan ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan metode penelitian campuran yang terdiri dari studi literatur,studi eksisting, observasi, wawancara, moodboard dan brainstroming. Tujuan penelitian adalah memperoleh konten dan konsep dalam perancangan desain serial animasi edukasi etika sosial yang jelas dan menarik bagi anak kelas 4 dan 5 SD baik dari segi visual, segi audio dan terutama muatan alur cerita.
Hasil dari perancangan ini adalah serial animasi dua dimensi sebanyak satu episode dengan total durasi lebih dari 13 menit. Pengilustrasian menggunakan kombinasi vektor dan sedikit sentuhan digital painting. Konsep konten animasi adalah berlomba menemukan kebaikan dan cerita ceria kita. Nilai animasi yang dihadirkan adalah kelucuan,keimutan dan nilai kebaikan.
==================================================================================================================
Issues such as the phenomenon of violence, indifferent, silent in children is a sign of bad behavior that disrupt interpersonal communication called a breakdown in communication. Communication disorders due to lack of education will be one of social ethics, the science of what is good and bad in interacting with others. Reason, the intellect to understand the use of thoughts and feelings to weigh the good and bad, is necessary to understand the social ethics. Reason is strongly influenced by upbringing, because, in it, the child experience and ajarandari figure parenting. In parenting education needs to be brought to the values required in the positive character development, so that children can have a character that helped him in communicating with others, and to build relationships and live a user's primary berarti.Target this scheme is grader 4 and 5 SD because at that stage, the child is on stage and in the scope of social competence is a primary school and friendship.
This design uses descriptive research method with mixed method research approach which consists of the study of literature, existing studies, observation, interviews moodboard and brainstroming.. The research objective is to obtain the content and concept in designing the educational animated series of social ethics which clear and attractive for 4 and 5 grade elementary school children both in terms of visual, audio and especially the charge in terms of storyline.
The results of this design is a two-dimensional animated series as a single episode with a total duration of more than 13 minutes. Illustrating the use of a combination of vector and a touch of digital painting. The concept of animated content is a race to find kindness and our cheerful story. Values presented animation is humor, cuteness and virtues.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Animasi Edukasi, Cerita Ceria Kita, Etika Sosial.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 02:06
Last Modified: 29 Dec 2017 02:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41244

Actions (login required)

View Item View Item