Perancangan Rangka Sepeda Pasca Stroke Dengan Konsep Delta (1 Roda Depan dan 2 Roda Belakang)

Lukmana, Rahadian Chandra (2017) Perancangan Rangka Sepeda Pasca Stroke Dengan Konsep Delta (1 Roda Depan dan 2 Roda Belakang). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2112100134-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Stroke merupakan gangguan fungsi otak yang disebabkan oleh pembuluh darah pada otak yang tersumbat atau pecah. Apabila tidak segera mendapatkan pertolongan pertama, stroke dapat berakibat fatal dan mengakibatkan kematian. Laboratorium Perancangan dan Pengembangan Produk sejak tahun 2014 telah mengembangkan sepeda khusus untuk rehabilitasi pasien pasca stroke. Dari tiga buah sepeda yang telah dibuat, semuanya menggunakan tiga buah roda dimana dua roda terdapat didepan dan satu roda dibelakang. Pada ketiga sepeda tersebut masih terdapat kekurangan sehingga belum bisa untuk diproduksi massal. Oleh karena itu, dibutuhkan evaluasi dan pengembangan agar tercipta sebuah desain sepeda pasca stroke baru yang aman (kuat dan stabil), ergonomis dan ekonomis. Sebagai langkah awal, dilakukan kajian lapangan berupa observasi langsung ke bagian rehabilitasi medis RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Setelah itu, dilakukan evaluasi dari sepeda pasca stroke terakhir yang dibuat oleh saudara Sandy,dkk. (2016). Setelah dilakukan kajian, diketahui bahwa sepeda dengan dua roda didepan memiliki kekurangan yakni kemudi yang susah untuk dibelokkan. Selain berbahaya ketika digunakan dijalan umum, kemudi yang berat menyebabkan otot lengan atas bekerja lebih keras dan berpotensi menimbulkan penyakit hipertensi bagi pasien pasca stroke. Salah satu alternatif yang dapat menjadi solusi adalah dengan mengubah desain sepeda pasca stroke dari dua roda didepan dan satu roda dibelakang (konsep Tadpole) menjadi satu roda didepan dan dua roda dibelakang (konsep Delta). Dari hasil kajian diatas, maka dibuat sebuah desain sepeda pasca stroke baru dengan menggunakan konsep Delta. Dari hasil analisa untuk desain rangka sepeda pasca stroke konsep Delta, diketahui bahwa sepeda yang dirancang memiliki nilai RULA 3 yang berarti sepeda pasca stroke memiliki resiko cedera yang rendah. Berdasarkan hasil perhitungan, tegangan terbesar pada sepeda pasca stroke ini adalah 24.7MPa. Material yang dipilih untuk digunakan adalah Aluminium yang memiliki yield strength sebesar 270MPa. Aluminium dipilih karena ringan, harga yang relatif murah, mudah dilas dan tidak mudah berkarat. Untuk menambah kestabilan sepeda ketika berbelok, ditambahkan differential gear pada poros belakang sepeda pasca stroke. Rangka sepeda pasca stroke mampu dibuat dan dirakit. Waktu proses permesinan dan pembentukan yang dibutuhkan mencapai 105.564menit. Proses permesinan yang digunakan diantaranya cut-off, mitter cut, dan face milling, sedangkan proses pembentukan yang digunakan adalah proses bending. Proses perakitan yang digunakan untuk menyambung pipa aluminium adalah proses pengelasan dengan menggunakan las Tungsten Inert Gas (TIG). ================================================================================================================== Stroke is brain function disorder caused by blocked or ruptured blood vessels in the brain. If not quickly get a first aid, a stroke can be fatal and result in death. Since 2014, Product Design and Development Laboratory has developed a special bike for rehabilitation of poststroke patient . Of the three bikes that have been made, all using three wheels where two wheels in front and one behind the wheel. In the last bike development there is still a shortage that caused bike not fit for mass production. Therefore, evaluation and development is necessary in order to create a new post stroke bike design that safe (strong and stable), ergonomic and economical. As a first step, field studies conducted in the form of direct observation in medical rehabilitation department on Dr. Soetomo Hospital. After that, evaluation conducted on last post-stroke bike developed by Sandy, et al. (2016). After the study, it is known that bike with two front wheels have flaws that are difficult to steer. Besides dangerous when used public road, the heavy steering is causing upper arm muscles to work harder and potentially cause hypertension for post stroke patients. One alternative that could be the solution is change the design of post stroke bike with two wheels in front and one rear wheel (Tadpole concept) into a single front wheel and two rear wheels (Delta concept). From the results studies above, its decided to create a new post stroke bike design using the Delta concept. From the analysis result of post stroke bike frame design using Delta concept, it is known that the designed bike has RULA value of 3 which means the post-stroke bike has a low risk of injury. Based on calculations, the greatest stress on poststroke bike is 24.7MPa. The material selected for use is aluminum that has a yield strength of 270MPa. Aluminium chosen because it is light, the price is relatively cheap, easily welded and does not easily corroded. To increase bike stability when turning, differential gear was added on post stroke bike rear shaft. Post stroke bike frame is manufacturable and assembled. Time needed for machining and forming processes theoritically is 105.564 minute. Machining processes used include cut-off, mitter cut, and face milling, while the forming process used is the bending process. Assembly process that is used to connect the aluminum pipes is the welding process using a Tungsten Inert Gas (TIG).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Stroke, Rehabilitasi, Sepeda Pasca Stroke, Konsep Delta, Rangka Sepeda.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 May 2017 08:44
Last Modified: 28 Dec 2017 08:47
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/41260

Actions (login required)

View Item View Item