Kapal Ikan Katamaran : Tinjauan Aspek Kebutuhan Energi, Fungsi Dan Performa Kapal Yang Ramah Lingkungan

Santosa, Pramudya Imawan (2016) Kapal Ikan Katamaran : Tinjauan Aspek Kebutuhan Energi, Fungsi Dan Performa Kapal Yang Ramah Lingkungan. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4112301001-Dissertation.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Saat ini kapal ikan masih sangat dibutuhkan untuk mendukung dan menopang ketahanan pangan dan industri perikanan di dunia ini. Dalam operasionalnya sebuah kapal ikan harus benar-benar aman karena pada cuaca buruk pun kapal tersebut harus bekerja sehingga persoalan hambatan total, tenaga penggerak, konsumsi bbm, stabilitas dan seakeeping menjadi perhatian yang sangat penting. Sementara di sisi lain, aplikasi teknologi hybrid di bidang perkapalan dan transportasi laut adalah salah satu cara untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan pengaruh gas-gas beracun yang dapat mencemari udara. Tema yang diusulkan pada penelitian Disertasi ini adalah kapal ikan katamaran bertenaga penggerak hybrid dengan tujuan meminimalkan penggunaan energi fosil pada saat operasional melalui konversi energi terbarukan (angin, matahari). Secara prinsip konsep kapal ikan katamaran bertenaga penggerak hybrid ini adalah kapal bergerak akibat gaya dorong layar dan propeller yang bekerja secara bergantian atau bersamaan. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini adalah mengembangkan sistem penggerak hybrid melalui perhitungan / simulasi numerik dengan menggunakan data dan hasil eksperimen hambatan model kapal di kolam uji yang dilakukan oleh Utama (2010). Sedangkan pengukuran emisi udara dihitung menggunakan formula Korol dan Latorre (2010). Penelitian ini difokuskan pada evaluasi aspek kebutuhan tenaga penggerak kapal beserta emisi yang ditimbulkan, aspek stabilitas dan seakeeping kapal dengan tujuan untuk mencapai performa kapal yang baik dengan tidak mengabaikan fungsinya sebagai kapal ikan. Hasil evaluasi performa dan fungsi kapal ikan yang didapatkan adalah ada delapan varian konfigurasi kapal ikan katamaran yang dikembangkan mempunyai volume ruang muat lebih besar dari ketentuan badan pangan PBB (FAO). Sedangkan stabilitas kapal untuk semua konfigurasi tergolong baik dan memenuhi persyaratan stabilitas kapal ikan menurut The Fishing Vessels (Safety Provisions) Rules 1975 dan HSC annex 7, IMO 2016. Demikian pula dari aspek Seakeeping kapal menunjukkan bahwa nilai Motion Sickness of Incident (MSI) atau akselerasi gerakan vertikal Heave yang terjadi pada kondisi beam seas juga memenuhi ketentuan yang ada. Hasil analisa dan evaluasi penggunaan energi surya dan angin secara komprehensif pada kapal ikan katamaran tenaga penggerak hybrid yang diusulkan ini menunjukkan adanya perbaikan efisiensi secara keseluruhan sebesar 14 – 50 % pada konsumsi bbm. Hasil ini masih sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Corredor (2012) mengenai penggunaan energi surya pada motorisasi hybrid kapal-kapal kecil / menengah yaitu sebesar 25 – 30 % dan menurut Latorre (2010) yang meneliti penggunaan biogas yang terbuat dari hasil tangkapan ikan yang rusak (fish waste) sebagai energi alternatif pada kapal ikan hasilnya mencapai 10 – 15%. ================================================================================================================== Currently the fishing boats is still urgently needed to support and sustain food security and the fishing industry in the world. In operation a fishing vessel to be completely safe because the bad weather was the ship must work so that the issue of the total resistance, propulsion, fuel consumption, stability and seakeeping become a very important concern. While on the other hand, application of hybrid technology in the field of shipping and maritime transport is one way to reduce the use of fossil fuels and the effect of toxic gases that can pollute the air. The proposed research theme of this dissertation is a fishing boat catamaran powered hybrid drive with the goal of minimizing the use of fossil energy at the time of conversion operations through renewable energy (wind, solar). In principle the concept of a fishing boat catamaran powered hybrid drive is propelled vessels due to the thrust of the screen and propeller working alternately or simultaneously. The method used in this research is to develop a hybrid drive system through a calculation / numerical simulation using data and experimental results in an obstacle ship model tests conducted by Utama (2010). While the measurement of air emissions are calculated using a formula korol and Latorre (2010). This study focused on evaluating aspects of the needs of propulsion boats and emissions generated, aspects of stability and seakeeping vessels with the aim of achieving good ship performance without limiting its function as a fishing boat. The results of the evaluation of performance and function of fishing vessels that are obtained are eight variants of the configuration of catamaran fishing boats that have developed a greater load space volume of the provisions of the UN food agency (FAO). While the ship's stability for all configurations are classified as good and meets the requirements of the stability of fishing vessels by The Fishing Vessels (Safety Provisions) Rules 1975 and HSC annex 7, IMO, 2016. Similarly on ship seakeeping aspects indicate that the value of Motion Sickness of Incident (MSI) or acceleration heave vertical motion that occurs in beam seas also fulfill the conditions of the existing provisions. The results of the analysis and evaluation of the use of solar and wind energy comprehensively on a fishing boat catamaran proposed hybrid propulsion showed an improvement in overall efficiency of 14-50 % in fuel consumption. This result is very significant when compared with the results of research conducted by the Corredor (2012) on the use of solar energy in motorization hybrid ships small / medium in the amount of 25-30% and, according to Latorre (2010), which examines the use of biogas made from the damaged fish catch (fish waste) as an alternative energy on fishing vessels the result reached 10-15%.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: kapal ikan, system propulsi, fungsi, stabilitas, seakeeping, emisi
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > (S3) PhD Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 May 2017 08:20
Last Modified: 27 Dec 2018 07:36
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/41293

Actions (login required)

View Item View Item