Desain Interior Namira School Dengan Konsep Religius Wonderland Berdasarkan Psikologi Dan Pola Pikir Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Nastiti, Ratna Andriani (2014) Desain Interior Namira School Dengan Konsep Religius Wonderland Berdasarkan Psikologi Dan Pola Pikir Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3410100030-Undergraduate-Theses.pdf] Text
3410100030-Undergraduate-Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita.
Pendidikan secara umum merupakan suatu proses kehidupan dalam
mengembangkan diri. Pendidikan merupakan aset penting bagi
kemajuan bangsa, oleh karena itu sebaiknya pendidikan mulai
ditanamkan sejak usia dini. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini ini
merupakan hasil pemikiran dari analisa para pakar mengenai kinerja
otak manusia. Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan sel-sel otak
anak dialami pada usia tiga tahun. Sebab pada masa itu, anak usia dini
memiliki keaktifan dalam melakukan suatu hal.
Desain interior ini mengambil tema perkembangan psikologi dan
pola pikir pada anak usia dini. Pemilihan tema tersebut dilakukan untuk
mengetahui bagaimana perkembangan anak pada usia 3-5 tahun serta
aspek interior seperti apa sajakah yang dapat mempengaruhi keadaan
psikologi anak. Berikut akan diteliti bagaimanakah perkembangan
psikologi anak usia dini, dari mulai pembentukan karakter, hingga aspek
apa saja yang dapat mempengaruhi psikologi anak. Tentu saja hal tersebut berhubungan dengan penyediaan fasilitas interior yang optimal
pada lembaga pendidikan Namira School.
Metode desain yang digunakan meliputi pengumpulan data yang
dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Survey dan observasi
langsung ke lapangan. Selain itu, wawancara dilakukan untuk
mengetahui potensi dan perkembangan anak secara umum serta desain
playground yang diharapkan untuk dapat menyelesaikan masalah desain.
Dari data yang didapatkan akan diolah dan dianalisa terhadap elemenelemen
pembentuk ruang pada interiornya, sehingga disapatkan sebuah
konsep.
Desain interior dengan konsep Religius Wonderland ini dapat
memberikan solusi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. khususnya
Namira School yang membutuhkan desain ruang yang dapat menunjang
Psikologi dan Pola pikir anak sebagai salah satu sekolah islam. Melalui
pendekatan desain, dirancang sebuah sekolah dan interiornya dengan
elemen estetis yang memiliki karakter wonderland dan masih
berhubungan dengan nuansa islami, sehingga sekolah tersebut dapat
mendukung visi dan misi yayasan itu sendiri.
Desain yang dibuat merupakan ide baru yang memadu padankan
unsur religius dengan Wonderland. Dengan mengaplikasikan bentukan
Religius pada interior ruangan serta mengkolaborasikannya dengan
warna-warna ceria yang ada pada wonderland, akan didapatkan ide
kreatif yang dapat mendukung psikologi dan pola pikir anak usia dini.

==================================================================================

Education is the most important thing in our lives. Education in
general is a process of life in developing themselves. Education is an
important asset for the advancement of the nation, therefore education
should begin instilled from an early age. The Importance of Early
Childhood Education is the brainchild of expert analysis on the
performance of the human brain. Based on the results of the research,
the development of children's brain cells experienced at the age of three
years. For then, early childhood have a liveliness in doing a thing.
The interior design is the theme of psychology and mindset
development in early childhood. The theme selection is performed to
determine how the development of children at age 3-5 years as well as
what are the interior aspects that can affect the psychological state of the
child. The following will be investigated how the psychology of early
childhood development, from the formation of character, to what aspects
that can affect the psychology of the child. Of course this also relates to the provision of optimal interior facilities at educational institutions
Namira School.
Design methods used include data collection is done directly or
indirectly. Surveys and direct observation to the field. In addition,
interviews were conducted to determine the potential and development
of children in general and the design of the playground is expected to be
able to resolve design issues. From the data obtained will be processed
and analyzed the forming elements in the interior space, so disapatkan a
concept.
The interior design with the concept of religious Wonderland
can provide a solution to the Early Childhood Education. especially
Namira School which requires the design space that can support child
psychology and mindset as one of the Islamic schools. Through design
approach, designed a school and its interior with aesthetic elements that
have character wonderland and still dealing with Islamic nuance, so that
the school can support the vision and mission of the foundation itself.
Design created a new idea that mixing and matching with the
religious element Wonderland. By applying the religious formation in
the interior of the room as well as collaborate with bright colors that
exist in wonderland, will get the creative ideas that can support the
psychology and mindset of early childhood.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 729.24 Nas n
Uncontrolled Keywords: pendidikan; usia dini; perkembangan psikologi; education; early childhood; developmental psychology
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 19 May 2017 04:17
Last Modified: 27 Dec 2017 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41326

Actions (login required)

View Item View Item