Studi Pengaruh Penambahan Torsional Vibration Absorber Terhadap Respon Getaran Pada Sistem Getar Rotasi Utama

Kusumo, Aryo (2016) Studi Pengaruh Penambahan Torsional Vibration Absorber Terhadap Respon Getaran Pada Sistem Getar Rotasi Utama. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111100106-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Beban kejut torsional sering terjadi pada sebuah sistem yang berputar seperti sistem power train pada mobil. Salah satu cara menanggulanginya adalah dengan menggunakan torsional vibration absorber. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini dibuat alat untuk dianalisis pengaruh penambahan Torsional Vibration Absorber (TVA) terhadap respon getaran pada sistem getar rotasi utama. Pada penelitian ini dilakukan simulasi respon dinamis dan ekperimen. Pada simulasi dilakukan variasi inersia beban yaitu 1,705.10-4 kg.m2; 1,055.10-3 kg.m2; dan 3,562.10-3 kg.m2 serta variasi konstanta pegas yaitu 1 Nm/rad, 3 Nm/rad, dan 5 Nm/rad. Untuk inersia dan konstanta pegas TVA bernilai 1/10 dari beban. Setelah didapat parameter yang sesuai, alat dibuat dengan yang dipilih adalah variasi pasangan inersia beban dengan konstanta pegas 1,705.10-4 kg.m2 dengan 3 Nm/rad dan 3,562.10-3 kg.m2 dengan 1 Nm/rad, kemudian alat dijalankan dan dianalisis. Hasil yang didapat pada tugas akhir ini yaitu grafik respon dinamis hasil simulasi berupa perpindahan, kecepatan, dan percepatan angular. Dari eksperimen didapat grafik respon percepatan. Dari grafik simulasi dapat disimpulkan dengan penambahan TVA maka perpindahan dan kecepatan maksimum semakin berkurang dengan rata-rata pengurangan 21,32% dan 31,46%, sedangkan percepatan naik dengan rata-rata 46,59%. Tetapi hasil dari pengujian alat didapat percepatan maksimum yang turun dengan tambahan TVA dengan rata-rata 22,02%, namun trendline yang terbentuk tidak jauh berbeda. ===================================================================================== Torsional impact often occur in rotational system like in power train of a car. Torsional vibration absorber is often implemented to reduce the effect. That is why a simple system is made to study the influence of implementing Torsional Vibration Absorber (TVA) to dynamic response of the primary rotational system. Simulation and experiment is done in this undergraduate thesis. Load inertia variation in simulation is 1,705.10-4 kg.m2; 1,055.10-3 kg.m2; and 3,562.10-3 kg.m2 also spring constant variation is 1 Nm/rad, 3 Nm/rad, and 5 Nm/rad. Value of TVA inertia and spring constant is 1/10 from the load. After parameter specification is achieved, system is made with variation of load inertia and spring constant 1,705.10-4 kg.m2 with 3 Nm/rad and 3,562.10-3 kg.m2 with 1 Nm/rad, then the system is run and analyzed. Dynamic response of angular displacement, velocity, and acceleration is obtained from simulation. Angular acceleration is also obtained from experiment. From simulation it is conclude that with implementing TVA, angular displacement and velocity is decreased by 21,32% and 31,46%, however angular acceleration is increase 46,59%. But from experiment, with implementing TVA, it is obtained decreasing angular acceleration by 22,02%, but the trendline is quite similar with simulation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Kus s
Uncontrolled Keywords: torsional vibration; Torsional Vibration Absorber
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 24 May 2017 02:42
Last Modified: 27 Dec 2018 02:13
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/41362

Actions (login required)

View Item View Item