Formulasi Strategi Untuk Pengembangan Pasar Industri Semen Di Jawa Timur (Studi Kasus Perusahaan “A”)

Nauval, Aulia Fajar (2017) Formulasi Strategi Untuk Pengembangan Pasar Industri Semen Di Jawa Timur (Studi Kasus Perusahaan “A”). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9113202815-Master-Theses.pdf]
Preview
Text
9113202815-Master-Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri semen telah memasuki era baru, ditandai dengan semakin banyaknya para produsen semen yang meramaikan kompetisi pasar semen domestik di Indonesia yang berakibat pada pergeseran peta pola konsumsi semen eksisting. Hal ini semakin menuntut para pemain di industri ini untuk berpikir ekstra keras dalam mempertahankan eksistensinya.
Perusahaan “A” merupakan salah satu perusahaan industri semen terbesar di Indonesia yang mempunyai visi khusus dalam meningkatkan pendapatannya, Peluang dan tantangan terbesar pangsa pasar di Jawa Timur menjadi salah satu target perusahaan “A” dengan cara meningkatkan penjualan di daerah Jawa Timur, akan tetapi dalam pelaksanaan pengembangan pasar di Jawa Timur, Perusahaan “A” menemui beberapa hambatan, salah satunya adanya keunikan karakteristik pelanggan di daerah Jawa Timur. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan pangsa pasar di area Jawa Timur perlu ditetapkan strategi yang dapat berpengaruh dalam keberhasilan perusahaan mencapai tujuannya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan dan memformulasikan strategi yang tepat bagi perusahaan “A” dalam menghadapi persaingan di area Jawa Timur. Metode penelitian ini dilakukan dengan studi literatur, pengumpulan data, dan analisis data. Dari hasil data yang diperoleh baik dari data primer maupun sekunder, pengolahan data dilakukan dengan cara menganalisa faktor persaingan yang ada di area Jawa Timur (CP Matrix), faktor internal (IFE Matrix) dan eksternal (EFE Matrix). Ketiganya kemudian diformulasikan untuk penentuan strategi dengan menggunakan analisa SWOT, SPACE, dan GS Matrix sehingga menghasilkan data yang kemudian diolah dengan QSP Matrix untuk menjadi pilihan strategi yang akan diambil oleh Perusahaan “A” tersebut.
Strategi yang dihasilkan dari formulasi strategi dalam penelitian ini adalah sebuah alternatif strategi yang bersifat agresif dan berfokus pada penetrasi pasar, promosi secara agresif, meningkatkan kekuatan penjualan, serta mengembangkan produk, agar nantinya dapat mengembangkan pasar di daerah Jawa Timur, dan meningkatkan pendapatan serta dapat mewujudkan Visi dari perusahaan.
==================================================================================================================
The cement industry has entered a new era, marked by the increasing number of cement manufacturers who enliven the domestic cement market competition in Indonesia that resulted change of consumption patterns existing cement. It is increasingly demanding of the players in this industry to think extra hard to maintain their existence.
Company "A" is one of the cement industry company in Indonesia which has a special vision to increase their revenue, opportunity and the greatest challenge of market share in East Java, was one of the targets of the company "A" by increasing sales in East Java, but in implementation of market development in East Java, Company "A" encountered some obstacles, one of them the unique characteristics of customers in East Java. Therefore, in order to increase market share in the area of East Java need to set a strategy that could affect the success of the company to achieve their objectives.
This study was conducted to identify the internal and external factors and formulate the right strategy for the company "A" in the face of competition in the area of East Java. This research method is done with the study of literature, data collection, and data analysis. From the data obtained from both primary and secondary data, data processing is done by analyzing the factors of competition that exists in the area of East Java (CP Matrix), internal factors (IFE Matrix) and external (EFE Matrix). And then formulated to determine the strategy by using SWOT analysis, SPACE, and GS Matrix resulting data is then processed by QSP Matrix to be a strategic choice to be taken by the Company "A".
The result of strategy formulation in this study is an alternative strategy that is aggressive and focused on market penetration, promotion aggressively, increasing the sales force, as well as developing the product, so that later can develop the market in the area of East Java, and increase revenues, and can realize The vision of the company

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.401 2 Nau F
Uncontrolled Keywords: Analisa formulasi strategi, Manajemen pemasaran, Strategi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 29 May 2017 02:10
Last Modified: 30 Jul 2020 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41390

Actions (login required)

View Item View Item