Analisa Tegangan Pada Geladak Penumpang Akibat Modifikasi Kapal Penumpang Menjadi Kapal Penumpang Kendaraan

Haryanto, Teguh Rachmat (2017) Analisa Tegangan Pada Geladak Penumpang Akibat Modifikasi Kapal Penumpang Menjadi Kapal Penumpang Kendaraan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4109100083-Undergraduate Thesis.pdf] Text
4109100083-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tegangan merupakan konsep dasar dalam mempelajari mekanika bahan. Hal
utama yang diperhatikan dalam analisa tegangan adalah kekuatan, yaitu kapasitas struktur
untuk memikul atau menyalurkan beban. Kapasitas struktur tidak hanya dapat diukur dengan
membandingkan tegangan maksimum dengan kekuatan luluh material, tetapi dapat juga
dibandingkan dengan tegangan ijin yang disyaratkan Biro Klasifikasi Indonesia, yang
tentunya akan lebih aman.
Tugas akhir ini menganalisa tegangan yang terjadi pada geladak penumpang yang
mengalami modifikasi akibat perubahan muatan menjadi kendaraan yaitu truk 6 roda dengan
berat maksimal 14 ton, mobil penumpang dengan berat maksimal 3,5 ton, dan sepeda motor
dengan berat maksimal 0,4 ton. Pemodelan struktur geladak menggunakan finite element
software. Kondisi batas yang diberikan terhadap model struktur adalah tumpuan jepit dan
tumpuan sederhana. Beban yang bekerja pada geladak ini yaitu beban dek yang berasal dari
kendaraan-kendaraan diatas geladak dengan tiga rencana susunan kendaraan. Kemudian
dilakukan pemodelan pada perangkat lunak untuk di analisa.
Hasil analisa menunjukan variasi nilai tegangan maksimum yang terjadi sebesar 135
N/mm2, 133 N/mm2 dan 152 N/mm2. Kemudian tegangan-tegangan maksimum tersebut tidak
memberikan pengaruh besar pada struktur geladak penumpang, karena tegangan maksimum
yang terjadi menunjukkan nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan tegangan ijin Biro
Klasifikasi Indonesia sebesar 175 N/mm2 maupun dengan kekuatan luluh (yield strength)
sebesar 235 N/mm2. Sehingga kekuatan struktur geladak penumpang mampu menerima
pembebanan kendaraan sesuai dengan 3 rencana susunan kendaraan.
============================================================================================
Stress is a basic concept in the study of mechanics of materials. The main
thing that should be considered in the analysis of stress is the strength, the capacity of the
structure to carry or distribute the load. The capacity of the structure can not only be measured
by comparing the maximum stress to the yield strength of the material, but also can be
compared with allowable stress required Indonesian Classification Bureau, which would be
safer.
This final project analyzes the stress that occurs on the passenger deck which has been
modified due to changes in the load into the vehicles, 6 wheels truck with maximum weight of
14 tons, passenger cars with a maximum weight of 3.5 tonnes, and motorcycles with a
maximum weight of 0.4 tonnes. Deck structure design isanalyzed using finite element
software, which is using fixed and simple supports in boundary conditions. Loads on this deck
are from vehicles on the deck with three layout design of the vehicle. Then perform structural
modeling in software for analysis.
The analysis shows that there is a variation of the maximum stress, which is 135
N/mm2, 133 N/mm2 dan 152 N/mm2. The maximum stress does not influence the structure of
the passenger deck, because the value of maximum stress is smaller than the allowable stress
Indonesian Classification Bureau of 175 N/mm2 and with a yield strength of 235 N/mm2. So
Strength of the passanger deck is capable to get loads from three layout design of vehicle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Geladak, Tegangan, Struktur
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 30 May 2017 01:23
Last Modified: 18 Dec 2017 01:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41412

Actions (login required)

View Item View Item