Analisis Risiko Waktu Dan Biaya Pada Proyek Konstruksi Jalur Kereta Api Rute Makassar-Parepare

Habibie, Yusman Rusyda (2017) Analisis Risiko Waktu Dan Biaya Pada Proyek Konstruksi Jalur Kereta Api Rute Makassar-Parepare. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3114203009-Master_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proyek konstruksi jalur kereta-api rute Makassar-Parepare yang memiliki jalur sepanjang 145 km akan melintasi berbagai macam kawasan, seperti pegunungan, pemukiman, kawasan dekat pantai dan melintasi beberapa daerah perlintasan. Fakta dari penelitian terdahulu yang menyebutkan bahwa masih banyak terjadinya beberapa kasus yang mengganggu progres pada tahap konstruksi jalur rel kereta-api, seperti terjadinya kecelakaan kerja, dan penerapan metode konstruksi yang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan yang menyebabkan kerugian ekonomi pada proyek dan tidak terselesaikannya proyek pada waktu yang telah ditentukan, oleh sebab itu melakukan analisis risiko sangat penting dilakukan, untuk mengantisipasi segala macam risiko yang mungkin tejadi. Tujuan penelitian ini adalah, untuk menilai besar risiko pada proyek konstruksi jalur kereta-api Makassar-Parepare, serta mengetahui respon terhadap variabel risiko dengan nilai level risiko tertinggi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut dilakukan studi literatur dari penelitian terdahulu untuk mendapatkan variabel risiko yang berpengaruh pada konstruksi jalur kereta-api, yang kemudian variabel tersebut dinilai oleh responden melalui kuesioner, adapun responden dalam penelitian ini adalah Project Manager dan Site Engineer yang terlibat dalam proyek pembangunan jalur rel kereta-api Makassar-Parepare. Variabel risiko yang telah dinilai oleh responden, selanjutnya dilakukan analisis Probability-Impact Matrix untuk mengetahui nilai level dari setiap variabel risiko. Setelah didapatkan variabel risiko dengan nilai level tertinggi, dilanjutkan proses wawancara dengan responden, untuk mengetahui respon risiko. Hasil dari analisis yang telah dilakukan adalah risiko yang berpengaruh pada setiap wilayah utama yang termasuk dalam lingkup proyek pembangunan jalur kereta-api rute Makassar-Parepare berbeda dari satu wilyah dengan wilayah lainnya, dimana pada wilayah dekat pantai risiko yang paling berpengaruh adalah kekurangan jumlah tenaga kerja, di wilayah pemukiman risiko paling berpengaruh adalah keadaan cuaca tidak menentu, di wilayah perlintasan risiko risiko yang mempunyai nilai level tertinggi adalah rendahnya stabilitas tanah, serta pada wilayah pegunungan risiko yang paling berpengaruh adalah kesalahan estimasi waktu. Berdasarkan hasil wawancara, respon risiko yang diambil untuk mengurangi probabilitas dan dampak yang diakibatkan oleh setiap risiko adalah dengan merencanakan langkah mitigasi strategis, dimana langkah tersebut diawali dengan mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab terjadinya suatu risiko. ============================================================================================ The railway construction project of Makassar-Parepare line has a total length 145 kilometers approximately will cross the wide range of region, such as mountainous area, residential area, coastal area, and crossing area. The fact of previous research says that there are still many occurences of several cases that interfere with the progress of the construction phase, such as accidents and improper implementation of construction method are leading to economic losses on the project and project can not be delivered on a predetermined time, because of that reason, peforming risk anlaysis will essential to anticipate all sorts of risks that may occur during construction phase. The purpose of this study are to assess the risk factors which may occur during construction and to find out the proper risk response strategy to manage the higest risks. Conducting literature study of previous research to get an overview about the possible risks factors, then the risk factors will be assessed by respondents through questionnaires survey. Respondents in this study are project manager and site manager who involved in development of Makassar-Parepare railway line construction. Risk factors which has been assessed by respondents, then Probability Impact Matrix analysis was conducted as the next step of analysis to discover the risk factors level. Once the highest level of risk factors has been discovered, interview process with respondent was performed to determining the risk response. The results of the analysis that has been done is key risk in every major region within the scope of the project differ from other region, whereas in the coastal area the highest risk is shortage of labor, and in the residential area the highest risk is unpredictable weather conditions, in the crossing area the highest risk is the low stability of soil, and in the mountainous area the highest risk is error in scheduling. Based on the interview, risk response which selected to reduce the probability and impact caused by risk occurences is to make strategic mitigation planning measures which begin with the find the triggers of risk factors.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS Hab a
Uncontrolled Keywords: Analisis risiko, proyek jalur kereta api Makassar-Parepare
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Jun 2017 06:39
Last Modified: 18 Dec 2017 02:13
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/41470

Actions (login required)

View Item View Item