Reinterpretasi Permukaan Dimensi Tiga Menggunakan Metode Delaunay Triangulation Dengan Pendekatan Luminansi Pada Citra Wajah Manusia

Widyasari, - (2015) Reinterpretasi Permukaan Dimensi Tiga Menggunakan Metode Delaunay Triangulation Dengan Pendekatan Luminansi Pada Citra Wajah Manusia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2212205013-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
2212205013-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Vector art triangulation merupakan salah satu gaya desain yang unik dan
khas dengan bentuk segitiga (triangle), di mana hasil dari pembuatan vector art
triangulation ini berupa reinterpretasi atau kemiripan dengan objek aslinya.
Dalam penelitian ini, pembuatan vector art triangulation terfokus pada citra wajah
manusia yang memiliki fitur-fitur wajah sebagai pembeda setiap wajah manusia
agar mudah terkenali identitas dan ekspresi pada wajah tersebut. Kombinasi
beberapa metode dalam teknik pengolahan citra merupakan perkembangan
teknologi yang dapat melakukan proses otomasi (non-manual) pada pembuatan
vector art triangulation ini.
Sebuah citra wajah manusia akan menghasilkan sekumpulan titik-titik
(vertex) dengan jumlah yang banyak pada permukaan citra. Kebutuhan akan
normalisasi banyaknya jumlah vertex digunakan metode Active Appearance
Model (AAM) yang mampu mendeteksi fitur-fitur wajah pada citra dengan
memberikan label atau penanda pada fitur-fitur tersebut. Dengan menggunakan
metode Delaunay triangulation, setiap tiga titik akan saling terhubung dan
membentuk tautan pola segitiga dengan ukuran dan bentuk yang non-homogen.
Tahap akhir pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
luminansi, di mana setiap daerah pada citra wajah manusia memiliki tingkat
kecerahan warna yang berbeda. Terkait dengan pendekatan ini, setiap mesh
triangulasi yang telah terbentuk akan memiliki warna yang berbeda. Untuk
menentukan warna setiap mesh triangulasi, dapat menggunakan cara dengan
mencari nilai titik tengah daerah citra wajah yang dibatasi oleh setiap mesh
triangulasi. Kemudian menggambar ulang mesh triangulasi menggunakan nilai
titik tengah tersebut sehingga mesh triangulasi baru yang telah terbentuk
mempunyai warna isi (fill) yang solid sesuai dengan nilai titik tengah. Selanjutnya
dengan berpedoman pada kontur wajah manusia, penambahan atau pengurangan
nilai kedalaman (z) pada vertex dilakukan untuk menghasilkan mesh triangulasi
yang berdimensi tiga.
============================================================================================
Vector art triangulation is one of design style that unique and distinctive
with a triangular form (triangle), in which the results of making it will be
reinterpretation or resemblance to its original object. In this research, making
vector art triangulation focused on human face image that has face features as
differentiation for any human face, so it make easily recognized of identity and
expression in the face. A combination of several methods in technics image
processing is an outgrowth technology that could perform the process automation
(non-manual) to making this vector art triangulation.
A human face image will produce some points (vertex) with many amount
on the image surface. The needed for normalization of many vertex was used
Active Appearance Model (AAM) method that capable to detection face features
on image by giving a label or marker on its features. By using Delaunay
triangulation method, every three point will be totally interconnected and forming
a pattern triangle with non-homogen size and shape.
The last stage in this research was using luminance approach, in which
each area on human face image having a level of color brightness was different.
Associated with this approach, each mesh triangulation has formed will have a
different color. To determine the color of each mesh triangulation, can use a way
to find the value of middle point of the face image is limited by any mesh
triangulation. Then redraw mesh triangulation using the value of middle point, so
a new mesh triangulation has formed will have the fill that solid based on the
value of the middle point. Next according to the contours of the human face,
addition or reduction value of the depth (z) in vertex undertaken to produce a
three dimensional mesh triangulation.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 006.42 Wid r
Uncontrolled Keywords: Active Appearance Model, Citra Wajah Manusia, Delaunay Triangulation, Luminansi, Mesh Triangulasi, Vector Art Triangulation, Warna
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Jun 2017 07:45
Last Modified: 24 Aug 2018 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41572

Actions (login required)

View Item View Item