Potensi Pengalihan Moda Sepeda Motor Ke Angkutan Kota Bagi Pekerja Ulang-Alik Gresik-Surabaya (Studi Kasus: Kecamatan Menganti)

Louisa, Veronica (2016) Potensi Pengalihan Moda Sepeda Motor Ke Angkutan Kota Bagi Pekerja Ulang-Alik Gresik-Surabaya (Studi Kasus: Kecamatan Menganti). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3611100075-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
3611100075-Undergraduate-Theses.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Gresik merupakan wilayah suburban Kota
Surabaya yang menerima imbas perluasan kegiatan di pusat Kota
Surabaya berupa perluasan permukiman, salah satunya adalah
Kecamatan Menganti. Fenomena ini mengakibatkan tingginya
mobilitas ulang-alik yang dilakukan oleh pekerja yang
berdomisili di Gresik. Pergerakan ulang-alik Gresik-Surabaya ini
didominasi oleh sepeda motor sehingga menimbulkan kemacetan
di dalam Kota Surabaya. Sementara untuk melayani pergerakan
Gresik-Surabaya telah disediakan angkutan kota (lyn JM).
Namun keberadaan angkutan kota (Lyn JM) ini kurang diminati.
Berdasarkan fenomena tersebut maka penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi potensi pengalihan moda dari sepeda
motor ke angkutan kota bagi pekerja ulang-alik Gresik-Surabaya,
khususnya bagi pelaku pergerakan di Kecamatan Menganti.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif kuantitatif dan teknik analisis yang
digunakan adalah regresi logit biner untuk menghitung peluang
pengalihan moda. Analisis dilakukan berdasarkan pada
karakteristik fasilitas moda, yaitu variabel biaya dan waktu.
Selain itu juga digunakan analisis Crosstabs untuk mengetahui
perbedaan dalam memilih moda berdasarkan karakteristik pelaku
pergerakan.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa perbedaan tujuan
pergerakan dan waktu kepulangan pelaku pergerakan
mempengaruhi pelaku dalam memilih moda. Potensi pengalihan
moda sepeda motor ke angkutan kota dapat dilakukan dengan
menurunkan atribut waktu dan biaya angkutan kota. Penurunan
kedua atribut ini dapat meningkatkan peluang terpilihnya
angkutan kota dari 1,09% menjadi 17,67%.

=============================================================================

Gresik is a suburban area of Surabaya who receive
induced expansion of activities in the central city of Surabaya in
the form of expansion of the settlements, one of which is the
Menganti Subdistrict. This phenomenon results a high mobility of
commuting performed by workers who live in Gresik. The
commuting movement of Gresik-Surabaya is dominated by
motorcycles, causing congestion in the city of
Surabaya. Meanwhile, to serve the movement of Gresik-Surabaya,
the government has provided public transportation (lyn JM). But
the existence of the public transportation (Lyn JM) is less
desirable. Based on this phenomenon, this study aims to
identificate the potential of modal shift of the motorcycle to the
public transportation usage for Gresik-Surabaya commuter,
especially for commuter in the Menganti Subdistrict.
The method used in this research is descriptive
quantitative and the analysis technique used is binary logistic to
calculate modal shift odds. The analysis is based on the
characteristics of the facility modes, which is variable cost and time. It also uses Crosstabs analysis to determine differences in
choosing a mode based on the characteristics of commuter.
The results is that the differences the destination and
departure time of commuting influencing the commuters in
selecting modes. Modal shift potential of motorcycle to public
transportation usage can be done by lowering the time and cost
attributes of public transportation. Reducing both of these
attributes may increase the odds of public transportation to be
chosen from 1.09% to 17.67%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 388.413 12 Lou p
Uncontrolled Keywords: Angkutan Kota; Kecamatan Menganti; Pengalihan Moda; Sepeda Motor; Public Transportation; Menganti Subdistrict; Modal Shift, Motorcycles
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:31
Last Modified: 27 Dec 2018 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41585

Actions (login required)

View Item View Item