Simulasi Fatigue Frame Mountain Bike Dengan Variasi Bahan Dan Ketebalan Menggunakan Standar Cen 14766

Hedapratama, Irvan (2016) Simulasi Fatigue Frame Mountain Bike Dengan Variasi Bahan Dan Ketebalan Menggunakan Standar Cen 14766. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2112106007-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang transportasi dewasa ini sangatlah pesat, salah satunya yaitu sepeda kayuh yang umum digunakan untuk lintasan offroad adalah MTB atau mountain bike karena desainnya yang mampu menerima beban static dan fatigue yang baik serta ergonomis. Tujuan dari simulasi ini adalah mengetahui distribusi tegangan fatigue dan daerah kritis dari masing-masing bahan dengan variasi ketebalan pada pipa penyusun frame sepeda MTB, mengetahui nilai minimum cycle proses uji fatigue yang dipakai dari frame sepeda MTB dan memberikan usulan perbaikan apabila hasil yang diperoleh menujukkan tidak aman. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja sepeda adalah frame atau rangka badan sepeda tersebut. Metode penelitian ini adalah melakukan variasi bahan dan ketebalan pada pipa pipa penyusun rangka frame. Variasi bahan yang digunakan adalah Steel AISI 4130 dan Aluminium AA 6061 T6 sedangkan variasi ketebalan pada pipa penyusun rangka frame adalah 1,4; 1,6 dan 1,8 (mm). Simulasi pada penelitian ini memakai standar CEN 14766 yaitu frame fatigue test with horizontal loads dan frame fatigue test with vertical loads dengan Software berbasis metode elemen hingga yang dipakai yaitu Solidworks 2015. Dalam simulasinya untuk frame fatigue test with horizontal loads gaya diberikan pada dummy fork ke arah horizontal dan fixed support terletak pada bagian rearend, sedangkan frame fatigue test with vertical loads gaya diberikan pada dummy seatpost ke arah vertikal dan fixed support juga terletak pada bagian rearend. Hasil penelitian ini didapatkan nilai life minimum terkecil dalam pengujian fatigue frame with horizontal force bahan Steel sebesar 12985 pada ketebalan 1,4 mm, sedangkan nilai life nilai life minimum terkecil dalam pengujian fatigue frame with minimum dalam pengujian fatigue frame with vertical force sebesar 1.000.000 cycle pada setiap ketebalan. Untuk bahan alumunium horizontal force sebesar 257 pada ketebalan 1,4 mm, untuk pengujian fatigue frame with vertical force alumunium nilai life minimum terkecil sebesar 120433 pada ketebalan 1,4 mm. Dari hasil frame modifikasi untuk Steel didapatkan life minimum sebesar 67244 pada pembebanan horizontal, sedangkan pada pembebanan vertikal didapatkan nilai life minimum sebesar 1.000.000 cycle. Kemudian frame modifikasi untuk bahan alumunium pada pembebanan horizontal life minimum sebesar 60208 dan pada pembebanan vertikal sebesar 1.000.000 cycle. ================================================================================================================== Technological developments in the field of transport is very rapid today, one of which is a bicycle that commonly used for offroad track is MTB or mountain bike because the designs are able to receive static and fatigue loads as well as ergonomic. The purpose of this simulation was to determine the distribution of stress fatigue and critical areas of each material with thickness variation in the pipe of frame MTB, knowing the value of the minimum cycle test process fatigue wear of the bike frame MTB and give propose improvements if the results obtained showed no secure. One example of the factors that affect performance of the bike is frame or the body of bicycle. This research method is to perform the material and thickness variations in pipe which is the framework of the frame. The material Variations that used in this research is AISI 4130 Steel and Aluminum AA 6061 T6 and also variations in thickness of the pipe framework of the frame is 1.4; 1.6 and 1.8 (mm). Simulations standard in this study used CEN 14 766 which is the frame fatigue test with horizontal loads and fatigue test frames with vertical loads by finite element method-based software that used is Solidworks 2015. In the simulation for the frame fatigue test with horizontal force loads applied on the dummy fork and the direction horizontal for fixed support lies at iv rearend, while the frame fatigue test with vertical loads on the dummy seatpost is applied to the vertical direction and fixed support is also located on the rearend. Results of this study, the smallest value of life in a fatigue test frames with a horizontal force is 12985 at Steel with thickness of 1.4 mm , while the minimum value of life in a fatigue test frames with vertical force of 1,000,000 cycles at each thickness. For Aluminum material the smallest value of life in a fatigue test frames with a horizontal force of 257 at a thickness of 1.4 mm, for aluminum fatigue frame with vertical force smallest value of life is 120433 at a thickness of 1.4 mm. From the results of Steel frame modifications a minimum life is 67244 on the horizontal loading, whereas the vertical load value obtained minimum life of 1,000,000 cycles. Then from frame modifications with aluminum material on the horizontal imposition of a minimum life is 60208 and the vertical load is 1,000,000 cycles .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.112 6 Hed s
Uncontrolled Keywords: frame mountain bike, variasi tebal frame, variasi bahan frame, metode elemen hingga
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2017 02:58
Last Modified: 26 Dec 2018 08:45
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/41813

Actions (login required)

View Item View Item