Analisis Hubungan Antara Nilai Persepsi Mahasiswa Dan Penyedia Terhadap Total Nilai Layanan Teknologi Informasi [Studi Kasus : Sim Akademik ITS]

Listyawati, Nanda Restanena (2017) Analisis Hubungan Antara Nilai Persepsi Mahasiswa Dan Penyedia Terhadap Total Nilai Layanan Teknologi Informasi [Studi Kasus : Sim Akademik ITS]. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5213100027-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5213100027-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Layanan TI saat ini telah menjadi sebuah ketergantungan untuk mendukung proses bisnis yang ada pada universitas/institut. Akhir-akhir ini, penyedia layanan lebih berfokus kepada penyampaian nilai layanan TI yang diberikan. Nilai yang dimaksud yaitu sebagai ukuran kunci keberhasilan terhadap layanan yang telah diberikan. Dalam layanan TI yang terlibat tidak hanya pengguna namun juga penyedia layanan, sehingga nilai didefinisikan secara lebih spesifik dengan melihat nilai dari kedua perspektif yaitu pengguna dan penyedia layanan. Persepsi nilai dari kedua perspektif tersebut akan digunakan untuk menghitung total nilai dari sebuah layanan teknologi informasi yang disebut dengan Total Value Orientation (TVO).
Layanan SIM Akademik merupakan layanan TI utama di ITS Surabaya yang mencantumkan segala informasi akademik. Sampai saat ini SIM Akademik telah mengalami banyak perubahan dalam sistemnya agar selalu dinilai baik oleh pengguna (mahasiswa ITS) dan penyedia layanan (staf BAKP bagian Akademik). Hal ini membuktikan bahwa layanan SIM Akademik perlu adanya perubahan sistem sesuai dengan meningkatnya kebutuhan pengguna dan penyedia untuk mencapai tujuan utama layanan SIM Akademik yaitu mempunyai persepsi nilai yang baik dari semua pengguna dan penyedianya. Namun, pihak penyedia layanan tidak mempunyai tools untuk mengetahui kebutuhan pengguna dan penyedia layanan SIM Akademik itu sendiri secara berkala (misal satu tahun sekali).
Melihat permasalahan tersebut, peneliti ingin menganalisa hubungan nilai perspektif mahasiswa dan penyedia layanan untuk mendapatkan indikator apa saja yang mempengaruhi penilaian layanan TI yang baik. Dari hasil tersebut nantinya dapat dijadikan tools penyedia layanan untuk menggali kebutuhan pengguna dan penyedia layanan, sehingga akan diketahui hal apa yang harus ditingkatkan dalam sistem layanan SIM Akademik untuk memperoleh persepsi nilai yang baik dari kedua pihak. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner dan melakukan analisa menggunakan SmartPLS.
Hasil dari penelitian ini berupa faktor-faktor yang mempengaruhi nilai layanan TI dari kedua perspektif. Jumlah faktor yang mempengaruhi yaitu terdapat 10 faktor untuk masing-masing perspektif. Dalam perspektif pengguna layanan faktor yang paling berpengaruh yaitu Service Quality, sedangkan dalam perspektif penyedia layanan yang paling berpengaruh yaitu faktor Technology Transfer. Selain itu penelitian ini menghasilkan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan layanan TI yang diambil dari permasalahan yang terjadi dalam layanan SIM Akademik. Permasalahan yang sering terjadi yaitu mengenai server down pada saat melakukan FRS online, dan rekomendasi yang paling baik untuk dijadikan pertimbangan pihak penyedia layanan yaitu memaksimalkan kemampuan server yang ada dengan membagi jadwal FRS per fakultas agar tidak semua mahasiswa membuka SIM Akademik dengan waktu yang bersamaan yang dapat menyebabkan server down.
==================================================================
IT services today has become an addiction for supporting existing business processes at the university/institute. Lately, service providers are more focused on value delivery of IT services provided. Value is named as a key measure of the success of the services they have rendered. In the IT services that involved not only the user but also a service provider, so the value is defined more specifically by looking at the value of both perspectives: user and the service provider. Perception of the value of both perspectives will be used to calculate the total value of an information technology service called Total Value Orientation (TVO).
SIM Akademik is a major IT services in the ITS that lists all academic information. Until recently SIM Akademik has undergone many changes in its system in order to always be judged either by the user (student ITS) and service providers (staff BAKP Academic section). This proves that the SIM Akademik necessary to change the system in accordance with the increasing needs of users and providers to achieve the main goal of SIM Akademik that have a good perception of the value of all the users and providers. However, the service provider does not have the tools to find out the needs of the user and the service provider's own SIM Akademik periodically (eg once a year).
Seeing this problem, the researchers wanted to analyze the relationship student perspective value and service providers to find indicators that influence a good assessment of IT services. From these results will be used as tools providers to explore the needs of users and service providers, so they will know what should be improved in the Academic SIM service system to obtain a good perception of the value of both parties. This research was conducted by spreading questionnaire and analyzed using SmartPLS.
The results of this study are the factors that affect IT services from both perspectives. Factors that affect each other there are 10 factors for each perspective. Quality of service, while in the perspective of most service providers. In addition, this research produces several recommendations to improve IT services taken from problems that occur in the Academic SIM services. The problem that often happens is the server down when doing FRS online, and the best recommendation to serve as a service of parties who have the capacity of the existing server by dividing the FRS schedule per faculty so that not all students open the Academic SIM with the time that the cost can cause server down.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan teknologi informasi, Nilai, Total Value Orientation (TVO), SIM Akademik ITS, SmartPLS, Information Technology Services, Value
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: NANDA RESTANENA LISTYAWATI
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:08
Last Modified: 14 Aug 2017 02:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41861

Actions (login required)

View Item View Item