Perbandingan Model Bisnis Perusahaan Jaringan Transportasi Di Indonesia Dalam Perspektif Platform Design Toolkit. V.2.

Wirawan, Hafizudin (2017) Perbandingan Model Bisnis Perusahaan Jaringan Transportasi Di Indonesia Dalam Perspektif Platform Design Toolkit. V.2. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5213100170_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5213100170_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasar layanan jaringan transportasi cukup luas dan terus mengalami pertumbuhan setiap tahun. Akan tetapi pemain kunci di dalam bisnis ini masih didominasi oleh pemain lama seperti Go-Jek, Grab, dan Uber. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model-model bisnis yang diterapkan oleh platform perusahaan jaringan transportasi. Dalam melakukan perbandingan, penelitian ini menggunakan framework Platform Design Toolkit v.2 (PDT). Di dalam PDT terdapat sembilan komponen model bisnis yang akan dianalisis: Platform owner, Platform stakeholders, Peers, Partners, Transactions, Channel and Context, Services, Value propositions, Infrastructure and Core Components. Data didapatkan melalui web review, app review, dan literature review. Penelitian ini mengambil studi kasus perusahaan jaringan transportasi di Indonesia. Penelitian memilih Indonesia, karena Indonesia adalah negara dengan nilai ekonomi terbesar di ASEAN. Ada 4 perusahaan yang kami analisis antara lain: Go-Jek, Grab, Uber, Ojek Syar’i. Hasil dari tugas akhir ini adalah pemetaan perbandingan model bisnis antara perusahaan jaringan transportasi di Indonesia. Dalam penelitian ini ditemukan fakta-fakta mengenai model bisnis perusahaan jaringan transportai di Indonesia. Fakta tersebut antara lain mengenai peran penting investor asing terhadap perkembangan perusahaan jaringan transportasi, nilai unggul armada sebuah perusahaan jaringan transportasi, mitra-mitra dari perusahaan jaringan transportasi, channel yang diberikan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pengguna, dan nilai unggul layanan dari perusahaan jaringan transportasi satu diantara lainnya. Hasil dari perbandingan ini dapat digunakan calon consumers dan calon producers dapat memilih platform jaringan transportasi yang mana yang cocok untuk mereka berdasarkan pemetaan tersebut
===============================================================================================
The fast growing of crowd-driven transportation network companies have provided customers with unprecedented alternatives than ever. This leads to a question whether a transportation network company (TNC) will survive in this tight emerging businesses. This research aims at understanding what business model components that contribute to the sustainability of a TNC. In doing so, we use Platform Design Toolkit (PDT) in which suitable in mapping corporate business model. To this point, we analyze ten transportation network companies in Indonesia and benchmark each other. We select Indonesia because Indonesia is one of the emerging digital economies worldwide and is the largest economy in ASEAN in 2017.
The expected result of this research is a knowledge regarding what components that make a TNC is better than other TNCs. This understanding may help business entities to decide which TNCs that are reliable for future vendor-customer-type collaboration.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.152 24 Wir p-1
Uncontrolled Keywords: Transportation Network Company, Ride Sourcing, Platform Design Toolkit, Business Model
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wirawan Hafizudin
Date Deposited: 27 Oct 2017 07:28
Last Modified: 05 Mar 2019 02:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42161

Actions (login required)

View Item View Item