Analisis perilaku semisubmersible menggunakan konfigurasi spread mooring berbasis time domain

Tanizar, Ade Lido (2015) Analisis perilaku semisubmersible menggunakan konfigurasi spread mooring berbasis time domain. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4310100702-undergradutae_thesis.pdf]
Preview
Text
4310100702-undergradutae_thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semisubmersible merupakan struktur terapung yang umum digunakan dalam
operasi kelautan seperti drilling dan produksi di lepas pantai. Semisubmersible
memiliki karakteristik stabilitas dan seakeeping yang baik, oleh karena itu
semisubmersible umum digunakan dalam operasi laut dalam. Saat beroperasi,
semisubmersible tentu akan mendapatkan beban lingkungan yang menyebabkan
gerakan struktur menjadi dinamis. Untuk mengurangi gerakan tersebut, maka
dibuatlah suatu sistem tambat yang akan menjaga semisubmersible dan memastikan
posisinya tetap pada tempatnya beroperasi. Dalam Tugas Akhir semisubmersible
ditambat dengan metode spread mooring sejumlah 12 line. Hasil analisis RAO dan
spektra respons yang terjadi menunjukkan bahwa penggunaan spread mooring
cukup mengurangi respons yang terjadi utamanya pada moda gerakan heave dan
roll. Kemudian untuk hasil analisis tension line mooring pada analisis ULS
(Ultimate Limit State) diperoleh tension maksimal terjadi saat arah pembebanan 90o
pada fairlead chain di line 3 sebesar 3565 kN. Hasil analisis ALS (Accidental Limit
State) dengan memutuskan line 3 menghasilkan tension maksimal saat arah
pembebanan 90o pada fairlead chain di line 4 sebesar 3560.99 kN. Diketahui
kriteria maksimal tension yang diizinkan oleh API RP 2SK pada analisis ULS
adalah 3922 kN untuk wire rope dan 4170 kN untuk chain, serta pada analisis ALS
adalah 5240 kN untuk wire rope dan 5571.2 untuk chain. Dengan demikian maka
dapat disimpulkan tension yang terjadi telah memenuhi kriteria dari API RP 2SK
dan mooring line cukup kuat untuk menjaga semisubmersible tetap pada tempatnya.
=====================================================================================================
Semisubmersible is a type of floating structures which largely used in offshore
operation such as drilling and production. Semisubmersible have a very good
stability and sea keeping characteristic. Because of that, semisubmersible is
commonly used on deep-sea operation. When it operated, usually a
semisubmersible receive some environment loads which make the structure
behavior to be more dynamic. In order to decrease the number of dynamic move in
a semisubmersible, a mooring line system should be made to ensure the position of
the structure to be safely on it places. In this final project, the semisubmersible is
moored by 12 lines with spread mooring system. The result from RAO and response
spectrum shows that the mooring line effectively decrease the movement of
semisubmersible, especially with heave, roll and pitch motion. Then, the result from
tension analysis of mooring line when in ULS (Ultimate Limit State) shows that the
maximum value come from environment loads direction 90o in fairlead chain on
line 3 resulting 3565 kN. The result from tension analysis of mooring line when in
ALS (Accidental Limit State) shows that the maximum value come from
environment loads direction 90o in fairlead chain on line 4 resulting 3560.99 kN. It
was calculated from API RP 2SK criteria that the maximum allowable tension in
ULS analysis is 3922 kN for wire rope and 4170 kN for chain. Where for ALS
analysis the maximum allowable tension is 5240 kN for wire rope and 5571.2 for
chain. This conclude that the analysis result is comply with API RP 2SK and the
mooring line are strong enough to keep the semisubmersible on its position.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Tan a
Uncontrolled Keywords: semisubmersible, spread mooring, RAO, ULS, ALS, tension, simulasi time domain
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 14 Jul 2017 07:03
Last Modified: 14 Jul 2017 07:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42173

Actions (login required)

View Item View Item