Pengembangan Skenario Untuk Meminimalisir Rework Pada Pekerjaan Konstruksi Infrastruktur Jalan Dengan Pendekatan Sistem Dinamik

Surya, A.A Bagus Oka Khrisna (2017) Pengembangan Skenario Untuk Meminimalisir Rework Pada Pekerjaan Konstruksi Infrastruktur Jalan Dengan Pendekatan Sistem Dinamik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114203011-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3114203011-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemborosan biaya dalam proyek infrastruktur transportasi seperti proyek jalan sering kali disebabkan oleh timbulnya pekerjaan ulang atau rework. Selain berdampak pada biaya, rework juga menjadi kontributor yang signifikan untuk pemborosan waktu yang menyebabkan keterlambatan jadwal penyelesaian proyek. Berdasarkan hasil survei pendahuluan dari 32 lokasi proyek jalan pada wilayah Bali, NTB dan NTT di tahun 2013 dan 2014 diperoleh rata – rata terjadi 3 kejadian rework di tiap lokasinya. Banyak penelitian mengenai rework telah dilakukan baik pada proyek konstruksi gedung ataupun proyek konstruksi jalan, tetapi mayoritas hanya sebatas menganalisa faktor penyebabnya saja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skenario optimum untuk meminimalisir timbulnya rework pada proyek infrastruktur jalan dengan pemodelan dan simulasi. Variabel penelitian dirumuskan berdasarkan hasil studi literatur dengan pengukuran menggunakan skala tingkat persetujuan. Model awal menggunakan bentuk Diagram Kausatik yang kemudian dikembangkan menjadi Stock Flow Diagram. Dikarenakan terbatasnya pengetahuan sistematis yang tersedia tentang dinamika rework pada proyek jalan dengan variabel penyebab yang juga bersifat dinamis maka simulasi yang tepat digunakan adalah simulasi kontinyu dengan pendekatan Sistem Dinamik. Responden berasal dari pihak owner dan kontraktor seperti Kasie, Staf Ahli, PPK, Manajer Proyek, Site Engineer dan Konsultan. Pengumpulan data primer menggunakan kuisioner dan wawancara. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling klaster banyak tahap.
Dari hasil analisis diperoleh solusi optimum dengan kemampuan mengurangi persentase jumlah rework rata - rata sebesar 34% untuk 12 bulan dalam bentuk 2 skenario perbaikan, yaitu skenario parameter dengan implementasi melakukan kegiatan pengaspalan pada bulan – bulan kemarau dan skenario struktur dengan implementasi memberikan pelatihan secara berkala dan berkesesuaian kepada para pekerja dan pengawas serta merekrut pekerja dan pengawas yang berpendidikan dan bepengalaman.
================================================================
Budget wasting in transportation infrastructure project like road project, is often caused by rework on the project. Aside it’s affecting the budget, rework also become significant contributor for time wasted to tardiness of the project. Based on preliminary survey results from 32 road project sites in Bali, NTB and NTT regions in 2013 and 2014 there were an average of 3 rework events in each location. There many research aboaut rework has been conducted in building construction project or road construction project, but most of them only analyzing the causal factors of it.
This research is intended to develop an optimum scenario to minimalize rework on the road infrastructure project using simulation and modeling. The research variable is formulated based on the literature study measured with Likert scale. The first model is using Causatic Diagram that will be developed into Stock Flow Diagram. Due to the limited knowledge available about the dynamics of rework on road project with the causal variables of it also had dynamic characteristic so the simulation used in this research is using continue simulation with Dynamic System approach. The responden chosen in this research are from the owner and the contractor like Section Head, Expert Staff, Project Manager, Site Engineer, Consultant and Commitment Official Maker. The data gathering using questionnaire and interview with multistage cluster sampling technique.
From the analysis obtained an optimum solution that can reducing the average percentage of rework by 34% in 12 months in form of 2 improvement scenarios, there are parameter scenario by doing asphalting activities in the dry months and structure scenario by providing training periodically and correspondingly as well as recruiting educated and experienced for the workers and the supervisors.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 658.404 Sur p
Uncontrolled Keywords: Road Infrastructure, Modeling, Rework, System Dynamic, Infrastruktur Jalan, Pemodelan, Sistem Dinamik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: S.T. AA BAGUS OKA KHRISNA SURYA
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:36
Last Modified: 24 Aug 2017 01:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42524

Actions (login required)

View Item View Item