Analisis Peramalan Penjualan Semen PPC (Portland Pozzolan Cement)di PT.SEMEN GRESIK menggunakan Arima Box-Jenkins

Rositawati, Avita (2017) Analisis Peramalan Penjualan Semen PPC (Portland Pozzolan Cement)di PT.SEMEN GRESIK menggunakan Arima Box-Jenkins. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1314030049 - Non_Degree.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia menjadi tujuan investasi semen yang menarik karena memiliki batu kapur dan tanah liat yang melimpah sebagai bahan baku utama semen. Semen Gresik memiliki kapasitas produksi tertinggi yakni sekitar 11,4 juta ton per tahun. Konsumsi semen nasional pada tahun 2012 sekitar 54,96 juta ton. Sebanyak 80% produk semen dijual dalam kemasan (bag) sisanya berupa semen curah. Permintaan semen di Tanah Air ditunjang oleh pertumbuhan properti serta program pembangunan infrastruktur yang membutuhkan banyak pasokan semen hingga beberapa tahun ke depan. Permintaan semen yang dibutuhkan konsumen dapat dilihat dari banyaknya volume penjualan semen. Oleh karena itu perlu diketahui apakah terjadi peningkatan secara signifikan pada 6 tahun terakhir menggunakan metode ANOVA dan perlu dilakukan analisis peramalan untuk mengetahui banyaknya volume penjualan semen ditahun mendatang yakni pada tahun 2017 menggunakan metode ARIMA Box-Jenkins. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu volume penjualan semen PPC tahun 2010 sampai 2016. Hasil yang diperoleh adalah terjadi peningkatan penjualan semen yang signifikan dari tahun ke tahun dan didapatkan model terbaik ARIMA (0,1,[1,12,13]) dengan hasil peramalan penjualan semen PPC pada tahun 2017 sebanyak 9.572.095 ton. ============================================================ Indonesia become an attractive investment destination cement because it has a limestone and clay are abundant as the main raw material of cement. Semen Gresik has the highest production capacity of around 11.4 million tonnes per year. National cement consumption in 2012 about 54.96 million tons. A total of 80% of cement products sold in packs (bag) the remainder in the form of bulk cement. Demand for cement in the country supported by the growth in property and infrastructure development programs that require a lot of supply of cement until a few years into the future. Consumer demand for cement needed can be seen from the large volume of cement sales. It is therefore to be seen whether increased significantly over the last 6 years using ANOVA and forecasting analysis is needed to determine the number of cement sales volume next year ie in 2017 using the Box-Jenkins ARIMA method. The data used in this research that PPC cement sales volume in 2010 to 2016. The result is an increase in cement sales significantly from year to year and obtained the best model ARIMA (0,1, [1,12,13]) with results PPC cement sales forecast in 2017 as many as 9,572,095 tons.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ANOVA; ARIMA Box-Jenkins; PT Semen Gresik; Semen PPC
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: - Avita Rositawati
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:11
Last Modified: 05 Mar 2019 03:53
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/42550

Actions (login required)

View Item View Item