Pembuatan Perangkat Pengukuran Kematangan Proses Rekayasa Kebutuhan pada PT Telekomunikasi Indonesia TBK Divisi Regional 5 Menggunakan Model REPAIM(Requirement Engineering Process Assessment and Improvement Model)

Putra, Aldino Suhendra (2017) Pembuatan Perangkat Pengukuran Kematangan Proses Rekayasa Kebutuhan pada PT Telekomunikasi Indonesia TBK Divisi Regional 5 Menggunakan Model REPAIM(Requirement Engineering Process Assessment and Improvement Model). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5212100014-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5212100014-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dan performa dari suatu perusahaan dapat diukur dengan bagaimana respon dari para pengguna perusahaan terhadap aplikasi yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri. Untuk mendapatkan kepercayaan serta respon yang baik dari pengguna, maka dibutuhkanlah suatu proses untuk menggali kebutuhan serta pengelolaan terhadap kebutuhan yang telah didefinisikan tadi dimana hal ini biasa disebut dengan Requirement Engineering (Rekayasa Kebutuhan). Rekayasa kebutuhan menjadi penting karena bila dapat mengelola proses ini dengan baik, perusahaan dapat menentukan produk aplikasi apa yang cocok serta sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh pengguna sehingga nantinya akan menghasilkan produk yang efektif dan efisien.
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Divisi Regional 5 adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pelayanan informasi dan juga komunikasi yang dikelola oleh pemerintah yang terletak di daerah Surabaya, Jawa Timur. Perusahaan ini merupakan perusahaan telekomunikasi nasional dengan berbagai macam produk dan juga aplikasi terkait dengan pelayanan teknologi informasi.
Dalam melakukan perencanaan Requirement Engineering, perlu adanya pengukuran agar dapat diketahui performa dari proses rekayasa kebutuhan terhadap produk yang sedang dikembangkan oleh perusahaan. Oleh karena itu digunakanlah metode REPAIM (Requirement Engineering Process Assessment and Improvement Model) pada pembuatan perangkat pengukuran kematangan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Divisi Regional 5, karena model ini sangat fleksibel serta merepresentasikan model RE lainnya dimana hal ini sesuai dengan kebutuhan PT Telkom sendiri.
Penelitian ini akan melakukan pembuatan perangkat pengukuran dengan metode REPAIM terhadap rekayasa kebutuhan yang ada di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Divisi Regional 5. Hasilnya agar PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Divisi Regional 5 mendapat model yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran dan penilaian pada proses rekayasa kebutuhan yang ada di perusahaannya
=================================================================
The success and performance of a company can be measured by how the response of the users of the company to the application produced by the company itself. To gain trust and good response from users, it takes a process to explore the needs and management of the needs that have been defined earlier where it is commonly called the Requirement Engineering (Engineering Needs). Engineering needs to be important because if you can manage this process well, the company can determine what application products suitable and in accordance with the specifications desired by the user so that later will produce an effective and efficient product.
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Regional Division 5 is one of state-owned companies engaged in the field of information services and also communications where the government itself is located in the area of Surabaya, East Java. The company is a national telecommunications company with a wide range of products and also applications related to information technology services.
In doing the Requirement Engineering planning, the company need a measurements in order to know the performance of the process of the requirement engineering of the products that being developed by the company. Therefore, the REPAIM (Requirement Engineering Process Assessment and Improvement Model) method is used in making the measurement device of PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Regional Division 5 maturity, because this model is very flexible and represents other RE models which is in accordance with the needs of PT Telkom itself
This research will conduct the manufacture of measurement tools with REPAIM method to requirement engineering that exist in PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Regional Division 5. The result is for PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Regional Division 5 get a model that can be used to perform measurement and assessment on the process of requirement engineering needs in the company

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.562 Put p
Uncontrolled Keywords: PT Telekomunikasi Indonesia TBK Divisi Regional 5, Requirement Engineering, Perangkat Pengukuran Kematangan, REPAIM, Requirement Engineering Maturity Tools
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aldino Suhendra Putra
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:41
Last Modified: 05 Mar 2019 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42590

Actions (login required)

View Item View Item