Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal pada Jalan Raya Darmo dan Jalan Dr. Sutomo - Jalan Polisi Istimewa Sebelum dan Sesudah Pemasangan Alat ATCS-ITS

Nasihah, Ganjar Nailil Mafruhatin and Purwaningsih, Mia Akhadiyah (2017) Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal pada Jalan Raya Darmo dan Jalan Dr. Sutomo - Jalan Polisi Istimewa Sebelum dan Sesudah Pemasangan Alat ATCS-ITS. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030135-3114030142-Non-Degree.pdf]
Preview
Text
3114030135-3114030142-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dengan adanya pertumbuhan jumlah penduduk yang tingi maka kondisi lalu lintas Surabaya menjadi semakin padat, hal ini dikarenakan banyak yang memilih kendaraan probadi dibandingkan kendaraan umum sehingga volume kendaraan di kota Surabaya bertambah. Simpang pada ruas Jl. Raya Darmo dan Jl. Dr. Sutomo - Jl. Polisi Istimewa merupakan salah satu simpang yang dapat dikatakan padat dikota Surabaya. Untuk mengatasi hal ini, Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Surabaya memasang alat ATCS-ITS. Alat ini dengan otomatis mengatur lamanya traffic light bergantung pada padat tidaknya kendaraan yang melintas, dengan countdown timer sesuai seperti yg telah diatur.
Evaluasi kinerja simpang bersinyal Jl. Raya Darmo dan Jl. Dr. Sutomo - Jl. Polisi Istimewa Surabaya sebelum dan sesudah pemasangan alat ATCS-ITS, dimulai dengan pengumpulan data primer dan data sekunder. Selanjutnya melakukan proses analisa data menggunakan acuan perumusan MKJI 1997.
Permasalahan yang ada pada simpang ini, yaitu volume kendaraan yang terus meningkat dan panjang antrian kendaraan di masing-masing lengan cukup padat. Pada kondisi sebelum pemasangan alat ATCS-ITS, tahun 2013 tingkat pelayanan level of service pada simpang bersinyal Jl. Raya Darmo dan JL. Dr. Sutomo - Jl. Polisi Istimewa Surabaya pada puncak jam pagi diperoleh tundaan simpang rata-rata 212,85 detik/smp, pada puncak jam siang diperoleh tundaan simpang rata-rata 213,88 detik/smp, dan untuk puncak jam sore diperoleh tundaan simpang rata-rata 492,43 detik/smp. Setelah pemasangan alat ATCS-ITS pada puncak jam pagi diperoleh tundaan simpang rata-rata 125,20 detik/smp, pada puncak jam siang diperoleh tundaan simpang rata-rata 353,31 detik/smp, dan untuk puncak jam sore diperoleh tundaan simpang rata-rata 399,99 detik/smp.
=================================================================
High growth population caused traffic condition in Surabaya more crowded. many people choose private than public transportation, and it's caused volume of vehicle increasingly. Jl. Raya Darmo and Jl. Dr. Sutomo - Jl. Polisi Istimewa is the one of crowded intersection in Surabaya. Dinas Perhubungan Pemerintah Surabaya ity installed ATCS-ITS to solved this problem. This tool automatically set the longest of the traffic that countdown timer that already aranged before.
Evaluation of intersection perfomance Jl. Raya Darmo and Jl. Dr. Sutomo - Jl. Polisi Istimewa before and after installation of ATCS-ITS, start with collecting primary data and secondary data. Then analysis process with MKJI 1997 as reference.
The problem in this intersection are the volume of vehicle that always increase and queue length in each intersection arm. In 2013, the previous condition before ATCS-ITS installed, level of service Jl. Raya Darmo and Jl. Dr. Sutomo - Jl. Polisi Istimewa have average intersection delay for some peak hour, 212,85 sec/pcu in morning peak, 213,88 sec/pcu in afternoon peak, 492,43 sec/pcu in evening peak. After ATCS-ITS installed it changed became 125,20 sec/pcu in morning peak, 353,31 sec/pcu in afternoon peak, 399,99 sec/pcu in evening peak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 388.413 12 Nas e
Uncontrolled Keywords: kondisi sebelum dan sesudah pemasangan alat ATCS-ITS, The condition between before and after the using of ATCS-ITS tool
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Ganjar Nailil MN
Date Deposited: 08 Nov 2017 03:35
Last Modified: 05 Mar 2019 04:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42617

Actions (login required)

View Item View Item