Pengukuran Nilai Bisnis Aplikasi Sistem Informasi Perbankan Terpadu Dengan Menggunakan Metode Cost Benefit Analysis (Cba) Pada Pt. Bpr Aridha Arta Nugraha

Iqbal, Muhamad (2017) Pengukuran Nilai Bisnis Aplikasi Sistem Informasi Perbankan Terpadu Dengan Menggunakan Metode Cost Benefit Analysis (Cba) Pada Pt. Bpr Aridha Arta Nugraha. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5210100014-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5210100014-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah investasi teknologi informasi sangatlah penting untuk direncanakan. Salah satu institusi yang terbantu akan adanya teknologi informasi adalah perbankan. Di masa lalu aktivitas perbankan dilakukan dengan cara tradisional.
Beberapa tahun terakhir Teknologi Informasi telah banyak membantu para institusi untuk mengembangkan proses bisnisnya. Investasi di bidang teknologi informasi dalam suatu perusahaan, umumnya dimaksudkan untuk memberi kontribusi terhadap kinerja individual anggota dan institusi. Dengan adanya teknologi informasi yang berkembang, perbankan sangat terbantu dalam segi keefektifannya. PT. BPR Aridha Arta Nugraha adalah salah satu institusi yang terbantu akan adanya teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini. PT. BPR Aridha Arta Nugraha menggunakan aplikasi sistem informasi perbankan terpadu (SIPT) untuk membantu proses bisnisnya. Dengan cara mengukur nilai bisnis, sistem aplikasi ini akan diukur apakah memberikan keuntungan yang sesuai dengan rencana investasi yang telah direncanakan diawal.
Analisis dilakukan dengan metode Cost Benefit Analysis (CBA) yang akan menggunakan 4 komponen Net Present Value, Payback Period, Profitability Index dan Return of Investment. Selain itu juga dilakukan analisis DNA of Tangibility untuk mengubah keuntungan intangible menjadi tangible. Tugas akhir berfokus pada penilaian nilai bisnis terhadap Sistem Informasi Perbankan Terpadu.
Hasil akhir yang diharapkan dari tugas akhir ini dapat digunakan sebagai rekomendasi yang berkaitan dengan penerapan SIPT pada PT. BPR Aridha Arta Nugraha yang akan datang.
===============================================================================================
Important to planned an investment In a Technology Information. One of the institutions that helpful with this Technology Information is banking. In past many activiteis banking do with traditional way.
The last few years Information Technology has helped many institutions to develop their business processes. Investment in the field of information technology within a company, generally intended to contribute to the performance of individual members and institutions. With the development of information technology, banking is very helpful in terms of effectiveness. PT. BPR Aridha Arta Nugraha is one of the institutions has been help with existence of information technology that growing fast at this time. PT. BPR Aridha Arta Nugraha uses an application call Sistem Informasi Perbankan Terpadu (SIPT) to assist business processes. By measuring business value, this application system will be measured whether to provide benefits in accordance with the planned investment plan at the beginning.
This analysis will use by Cost Benefit Analysis (CBA) method which will use 4 components of Net Present Value, Payback Period, Profitability Index and Return of Investment. In addition. The final project focuses on assessing business value of Integrated Banking Information System(SIPT).
The expected final outcome of this final project can be used as a recommendation related to the application of SIPT that PT. BPR Aridha Arta Nugraha uses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Nilai Bisnis, Cost Benefit Analysis, Bank Pengkreditan Rakyat.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Muhamad Iqbal
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:58
Last Modified: 05 Mar 2019 04:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42690

Actions (login required)

View Item View Item