Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Kapasari - Jl. Kalianyar - Jl. Kusuma Bangsa - JL. Ngaglik Surabaya

Ayuningtyas, Merici Fanda and Risahany, Pradita (2017) Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Kapasari - Jl. Kalianyar - Jl. Kusuma Bangsa - JL. Ngaglik Surabaya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[img]
Preview
Text
3114030025-3114030041-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Simpang bersinyal pada Jl. Kapasari - Jl. Kalianyar - Jl. Kusuma Bangsa - Jl. Ngaglik merupakan salah satu persimpangan yang memiliki tingkat kepadatan yang cukup tinggi, terutama pada saat jam puncak tertentu. Beberapa faktor kemacetan dikarenakan adanya sekolah dan pasar tumpah yang menyebabkan antrian panjang terhadap kendaraan yang akan melewati persimpangan tersebut. Selain itu, banyaknya pemakai jalan yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, keberadaan warung-warung serta kendaraan yang parkir sembarangan disekitar lokasi simpang juga menambah masalah yang terjadi. Permasalahan, bagaimana kinerja simpang bersinyal pada Tahun 2017 dan 5 tahun setelahnya yaitu 2022. Analisa kinerja persimpangan menggunakan MKJI 1997 dengan program bantuan KAJI. Analisa diawali dari pengumpulan data-data jumlah penduduk, tata guna lahan dan pertumbuhan bangkitan jumlah kendaraan yang diperoleh dari BAPPEKO, BPS dan DISPENDUK CAPIL Surabaya sebagai data sekunder, sedangkan data primer didapat dari hasil survey di lapangan. Selanjutnya dilakukan analisa kondisi persimpangan dan segmen menggunakan acuan MKJI 1997. Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi kondisi eksisting tahun 2017 persimpangan Jl. Kapasari - Jl. Kalianyar - Jl. Kusuma Bangsa - Jl. Ngaglik didapatkan tingkat pelayanan (Level of Service) pada hari kerja jam puncak pagi berada pada tingkat E dengan tundaan rata-rata simpang sebesar 48,57 det/smp, pada puncak jam siang berada pada tingkat E dengan tundaan rata-rata simpang 42,44 det/smp dan pada jam puncak sore berada pada tingkat F dengan tundaan rata-rata simpang 115,47 det/smp. Dengan kondisi persimpangan yang sudah mencapai tingkat pelayanan LOS F terutama pada jam puncak sore, maka kinerja simpang saat ini pada tahun 2017 sudah tidak dapat dipertahankan. Selanjutnya, melakukan alternatif perbaikan simpang yaitu dengan mengubah waktu sinyal dan manajemen lalu lintas dari 3 fase menjadi 4. Dengan menggunakan alternatif terpilih tersebut, maka didapatkan tingkat pelayanan LOS E dengan (DI) 48,64 det/smp serta QL maksimum 170 m < 435,57 m (pada eksisting Tahun 2017). Hasil ini terlihat lebih baik dari kondisi eksisting. ================================================================= The Signalized Intersection on Jl. Kapasari - Jl. Kalianyar - Jl. Kusuma Bangsa - Jl. Ngaglik is one of the intersections that has a high enough density, especially during certain peak hours. Several factors of congestion due to the existence of schools and spill markets that indirectly disrupt the road body causing long queues of vehicles going through the intersection. In addition, the number of road users who are not disciplined in traffic, the existence of stalls and vehicles parked carelessly around the intersection also adds to the problems that occur. Problem, how the performance of this intersection on 2017 and also 2022. Analysis of intersection performance using MKJI 1997 with KAJI assistance program. The analysis begins with the collection of population data, land use and the growth of the number of vehicles obtained from BAPPEKO, BPS and DISPENDUK CAPIL Surabaya as sekuder data, while the primary data obtained from the survey results in the field. Futhermore, the analysis of junction and segment conditions using MKJI reference 1997. Results, level of service (LOS) average delay for this intersection as performance indicator as mentioned, LOS E with 48.57 sec/smp for morning peak hour, LOS E with 42.44 sec/smp for noon peak hour and LOS F with 115.47 sec/smp for afternoon peak hour. With crossing conditions that have reached the service level of LOS F especially on afternoon peak hour, the current intersection performance in 2017 is not maintained. Then, improve alternatives signalized intersection by changing the signal time and traffic management from 3 phase become 4 phase. By using the selected alternative, performance increase LOS E with 48,64 sec/smp and maximum QL 170 m < 435,57 m (on existing year 2017). These results look better than the existing conditions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang Bersinyal, MKJI 1997, KAJI, Signalized Intersection
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Pradita Risahany .
Date Deposited: 27 Oct 2017 05:29
Last Modified: 05 Mar 2019 06:18
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/42839

Actions (login required)

View Item View Item