Redesain Gelanggang Olahraga Bekasi Dengan Pendekatan Tektonika

Maulana, Muhammad Fajar (2017) Redesain Gelanggang Olahraga Bekasi Dengan Pendekatan Tektonika. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3213100010_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3213100010_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peningkatan minat olahraga masyarakat Kota Bekasi yang ditunjukan dengan bertambahnya jumlah klub-klub dan komunitas olahraga tidak diimbangi dengan penambahan ataupun peningkatan kualitas dari fasilitas dan infrastruktur yang mewadahi aktivitas mereka. Fasilitas dan infrastruktur yang ada justru mengalami penurunan dari segi kualitas yang mengakibatkan fasilitas tersebut akhirnya tidak digunakan lagi. Salah satu fasilitas olahraga yang mengalami penurunan fungsi adalah GOR Bekasi. GOR Bekasi merupakan sebuah kawasan olahraga terpadu yang dapat mewadahi berbagai macam aktivitas olahraga di dalamnya. Proses renovasi Stadion yang dilaksanakan pada tahun 2012 mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas fungsi dari stadion Patriot dan lingkungan disekitarnya. Terjadinya penurunan kualitas fungsi disebabkan karena kini masyarakat tidak dapat mengakses stadion secara bebas. Kini kawasan stadion dikelilingi oleh pagar-pagar tinggi yang membuat stadion bersifat lebih privat.
Berdasarkan dari berbagai permasalahan diatas, munculah sebuah ide repon me–redesain Stadion Patriot Bekasi. Meredesain stadion dengan menghadirkan tampilan stadion yang lebih futuristik dan merepresentasikan kawasan GOR Bekasi juga Kota Bekasi. Sebuah stadion yang dapat menghidupkan nilai fungsi dan kulaitas kawasan disekitarnya dengan pengolahan ruang luar yang tidak hanya dijadikan sebagai sarana pelengkap stadion saja tetapi sebagai sebuah ruang publik yang dapat diakses oleh siapa saja ketika sedang tidak ada aktivitas di dalam stadion sehingga masyarakat akan tertarik untuk datang dan beraktivitas disana sehingga suasana kawasan akan terus hidup baik pada saat ada pertandingan sepakbola ataupun tidak.
“Tektonika” menjadi penekanan desain pada perancangan redesain GOR Bekasi ini. Pengetahuan dan pembelajaran tektonika yang berkaitan dengan seni mengolah struktur, konstruksi dan material dapat merupakan jembatan penghubung yang harmonis antara struktur dan konstruksi sebagai teknologi dengan penciptaan ruang dan bentuk arsitektur. Bentuk-bentuk hasil tektonika merupakan ungkapan dari suatu nilai, kaya akan makna ========================================================================================================================Increased interest in public sports Bekasi City which is shown by the increasing number of clubs and sports community is not matched by the addition or improvement of the quality of facilities and infrastructure that accommodate their activities. Existing facilities and infrastructure have advantages in terms of quality that no longer facilities. One of the sports facilities managed is GOR Bekasi. GOR Bekasi is an integrated sports area that can accommodate various sports activities in it. The renovation process of the stadium is held in 2012. Patriot Stadium and the surrounding environment. The decline in the quality of the function because it is currently inaccessible. Now the stadium area by high fences that make the stadium more private.
Based on the above questions, an idea of repon redesigned the Bekasi Patriot Stadium. Redesigned the stadium by presenting a more futuristic stadium display and representing the area of Bekasi GOR also the City of Bekasi. A stadium that can activate the function and the surrounding area with a space that is not only used as a means of complementing the stadium alone but as a public space that can be accessed by anyone when there is activity in the stadium so that people will be interested to come and doing there for the atmosphere of the region Will continue to live well when there is a soccer game and it is not.
"Tektonika" becomes a design on the design of this Bekasi GOR redesain. The knowledge and learning of tectonics related to the art of structure, construction and materials can be a harmonious bridge between structure and construction with space technology and architectural form. The forms of tectonic results are the expression of a value, rich in meaning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penurunan kualitas fasilitas Olahraga, Redesain GOR Bekasi, Tektonika
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Fajar Maulana
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:09
Last Modified: 05 Mar 2019 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43036

Actions (login required)

View Item View Item