Identifikasi Opinion Leader Di Kalangan Mahasiswa Untuk Produk Laptop

Pratiwi, Arina Eka (2017) Identifikasi Opinion Leader Di Kalangan Mahasiswa Untuk Produk Laptop. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2813100041-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini semakin meningkat, hal ini ditandai oleh bertambahnya permintaan konsumen terhadap laptop. Pada umumnya, konsumen (terutama mahasiswa) melibatkan orang lain (Opinion Leader) dalam pembelian produk laptop. Maka dari itu perlu adanya identifikasi lebih lanjut mengenai Opinion Leader di kalangan mahasiswa untuk produk laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelian laptop yang dilakukan mahasiswa dengan peran Opinion Leader, faktor yang mempengaruhi mahasiswa mempercayai Opinion Leader, dan bagaimana karakteristik Opinion Leader yang menentukan proses pembelian laptop pada kalangan mahasiswa. Penelitian ini perlu dilakukan, karena sampai saat ini Opinion Leader di kalangan mahasiswa masih belum teridentifikasi dengan baik dan belum banyak riset mengenai topik terkait. Penelitian ini menggunakan desain riset eksploratori dengan metode kualitatif. Strategi penelitian ini menggunakan strategi survei dengan cara wawancara kepada responden yang sudah memenuhi kategori. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang menggunakan laptop. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelian laptop mahasiswa melibatkan Opinion Leader. Opinion Leader dari produk laptop kebanyakan berjenis kelamin laki-laki. Mahasiswa percaya pada Opinion Leader karena mereka berada pada satu lingkungan yang sama. ================================================================= The development of information technology is increasing, in which it is characterized by the increasing demand for laptop product. Generally, consumers (including college students) involves other people’s opinion (Opinion Leader) in purchasing laptop products. Therefore, it’s necessary to perform further identification about opinion leaders of laptop product among students. This research aims to determine the process of purchasing laptops conducted by students that is using of opinion leader and also identify factors that influence students to trust opinion leader. This research also purposes characteristics of opinion leader. This research is essential, because opinion leader among students is still not well identified and the research related to this topic is still limited. This research is exploratory research and uses qualitative method. Survey strategy was used in this study by interviewing respondents. The respondents of this research are students of Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya who use laptop. The result of this study indicates that students involve Opinion Leader in purchasing laptops, in which the opinion leaders are mostly male and college students trust on opinion leaders because they are in the same society.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Opinion Leader, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian Konsumen, Consumer Behavior, Consumer Purchase Decision
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management
Depositing User: Arina Eka Pratiwi
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:10
Last Modified: 06 Mar 2019 02:57
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/43583

Actions (login required)

View Item View Item