Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Interaktif untuk Melatih Berpikir Komputasional Materi Combinatorial

Maulana, Cayza Angka (2017) Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Interaktif untuk Melatih Berpikir Komputasional Materi Combinatorial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100121-Cayza-Angka-Maulana-Buku_TA.pdf]
Preview
Text
5113100121-Cayza-Angka-Maulana-Buku_TA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berpikir komputasional (computational thinking) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Berpikir Komputasional memiliki peran penting dalam pengembangan aplikasi komputer, namun berpikir komputasional juga dapat digunakan untuk mendukung pemecahan masalah di semua disiplin ilmu, seperti humaniora, matematika, dan ilmu pengetahuan. Seperti bermain musik dan belajar bahasa asing, berpikir komputasional melatih otak untuk terbiasa berfikir secara logis, terstruktur, dan kreatif. Bebras merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika dengan jumlah peserta terbanyak di dunia. Yang dilombakan dalam kompetisi ini adalah sekumpulan soal yang disebut Bebras task. Bebras task disajikan dalam bentuk uraian persoalan yang dilengkapi dengan gambar yang menarik, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami soal. Soal-soal tersebut dapat dijawab tanpa perlu belajar informatika terlebih dahulu, tapi soal tersebut sebetulnya terkait pada konsep tertentu dalam informatika dan computational thinking. Soal-soal pada tugas akhir ini dikembangkan pada perangkat bergerak serta web supaya pengguna dapat mengakses aplikasi ini dengan mudah. Materi soal pada aplikasi ini adalah combinatorial. Pada aplikasi ini, pengguna diharuskan untuk login dan register. Setelah itu, pengguna dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan pada aplikasi dan melihat hasil yang didapat oleh pengguna. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan perangkat bergerak dan juga melalui kuesioner responden yang berminat untuk mengerjakan soal-soal yang disediakan oleh aplikasi. Berdasarkan hasil kuesioner responden dapat diketahui tingkat kenyamanan antarmuka mendapatkan nilai 3.9 dari nilai maksimal 5, performa aplikasi mendapatkan nilai 4.1 dari nilai maksimal 5, dan materi soal mendapatkan nilai 4.6 dari nilai maksimal 5. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan dapat menjadi alternatif latihan berpikir komputasional oleh pengguna.

==================================================================================

Computational thinking is a method to solve problems by implements computer science technique. Computational thinking has an important role in development computer application, but computational thinking can also be used to help solving problems almost at all materials, such as humanities, mathematics, and science. Just like playing music or learning foreign languages, computational thinking train our brain to get used to think logically, structured, and creative. Bebras is an extracurricular activity that improves problem solving ability in informatics with the most participant in the world. At the same time, Bebras Task shows aspects of informatics and computational thinking. Bebras Competition is held every year. The main purpose of this challenge is to promote informatics and computational thinking to teachers and young people in particular. Bebras task is presented with an attractive picture, so that students can more easily understand the problem. The tasks can be answered without studying computer science first. The tasks in this final year project developed on mobile and web so that users can access this application easily. In this application, users must register and login before they can answer the questions on this application. After answer all questions from application, user can see their score. Testing conducted using mobile device and using questionnaire on respondents who are interested to do the tasks provided by the application. Based on respondent questionnaire, the comfort level of interface get score 3.9 from maximum score 5, application performance get score 4.1 from maximum score 5, and material task get score 4.6 from maximum score 5. By the development of this application, is expected to be an alternative exercise to learn computational thinking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Komputasional, Bebras, Bebras Task, Kompetisi Bebras
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Cayza Angka Maulana
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:25
Last Modified: 06 Mar 2019 02:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43611

Actions (login required)

View Item View Item