Perencanaan Drainase Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya Tahap 1 (Sta -0+200 hingga Sta 5+700)

Ziantono, Diega Hananda (2017) Perencanaan Drainase Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya Tahap 1 (Sta -0+200 hingga Sta 5+700). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115105033-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
3115105033-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan transportasi di Indonesia saat ini berkembang sangatlah pesat, terutama dalam pembangunan jalan baru yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses ke seluruh daerah. Untuk daerah Surabaya sudah diadakan perencanaan pembangunan jalan lingkar luar timur, penghubung antara jalan tol suramadu dengan Gunung Anyar dengan panjang jalan ±50km dan lebar 60m yang terhubung ke Bandara Juanda yang bertujuan mengurangi kemacetan yang ada.
Tugas akhir ini bertujuan untuk merencanakan drainase jalan lingkar luar timur tahap I ( Sta -0+200 hingga 5+700 ) agar tidak terjadinya kerusakan jalan yang disebabkan oleh genangan air dari limpasan air hujan , dan juga tidak terjadi kecelakaan maupun kemacetan. Adapun dalam perencanaannya diperlukan data-data yang jadi penunjang dalam perencanaan tersebut diantaranya data hujan, potongan memanjang jalan, potongan melintang jalan, serta peta lokasi jalan tersebut yang didapatkan dari PU Binamarga dan Pematusan. Kemudian dari data yang telah didapat tersebut akan diolah dengan perhitungan analisa hidrologi dan hidrolika sehingga dapat merencanakan kebutuhan dimensi saluran drainase jalan tersebut.
Diharapkan, dengan adanya perencanaan sistem drainase yang baik pada Jalan Lingkar Luar Timur maka tidak akan terjadi genangan akibat air hujan sehingga meminimalisir kerusakan jalan, kemacetan maupun kecelakaan.
=================================================================
The development of transportation in Indonesia is currently growing rapidly, especially in the construction of new roads with aimed to facilitate the community in accessing the entire region. Surabaya City government already planned to construct the eastern outer ring road that connects the suramadu highway with Gunung Anyar, with a length of ± 50 km and width of 60 m, connected to Juanda Airport. OERR development is expected to reduce the congestion occurred in the area.
This final project aims to plan the drainage of the outer east ring road stage I (Sta -0 + 200 to 5 + 700) so that will not damage the road caused by water puddles from rainwater runoff, and caused accidents or congestions.Required datas such as rainfall data, cross section of road, and map of location of that road obtained from PU Binamarga and Pematusan, are needed to support planning. Moreover, obtained datas will be processed with the calculation of hydrological and hydraulic analysis, so that the needs of the road drainage channel dimension can be planned.
Good drainage system of Outer East Ring Road planning is expected to minimize road damage, congestion or accident.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Drainase jalan, sistem drainase, jalan Lingkar Luar Timur Surabaya, Road drainage, drainage system, Outer East Ring Road Surabaya
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: DIEGA HANANDA ZIANTONO
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:22
Last Modified: 06 Mar 2019 07:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43792

Actions (login required)

View Item View Item