Upaya Peningkatan Pelayanan Jalan Melalui Pengembangan Skenario Transport Demand Management (TDM) di Koridor Nicolau Lobato-Kolmera, Dili, Timor-Leste

Gomes, Eliziaria Febe (2017) Upaya Peningkatan Pelayanan Jalan Melalui Pengembangan Skenario Transport Demand Management (TDM) di Koridor Nicolau Lobato-Kolmera, Dili, Timor-Leste. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3613100703-UNDERGRADUATE_THESES.pdf]
Preview
Text
3613100703-UNDERGRADUATE_THESES.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Koridor Nicolau Lobato-Kolmera adalah salah satu koridor yang berada di pusat Kota Dili yang didominasi oleh kegiatan perdagangan dan jasa, pemerintahan, dan perkantoran. Adanya kegiatan-kegiatan tersebut memicu bangkitan yang cukup besar dari para pekerja rutin sehingga pelayanan jalan di koridor tersebut menjadi tidak stabil dan pada akhirnya berakibat pada terjadinya kemacetan terutama pada saat jam-jam sibuk. Meskipun demikian, hingga saat ini masih belum ada kebijakan yang ditetapkan pemerintah untuk menangani masalah kemacetan. Penelitian ini bertujuan mengupayakan peningkatan pelayanan jalan di Koridor Nicolau Lobato-Kolmera melalui studi pengembangan skenario Transport Demand Management (TDM) dengan menggunakan pendekatan voluntarism yang berorientasi pada pergeseran moda (ridesharing-carpool dan ridesharing- vanpool) dan pergeseran waktu (flextime, staggered shift, dan compressed work week). Oleh karena itu, dilakukan empat tahapan untuk mencapai tujuan tersebut. Tahap pertama adalah mengidentifikasi bangkitan pergerakan dengan metode statistik deskriptif. Tahap kedua adalah menganalisis tingkat pelayanan jalan eksisting dengan perhitungan derajat kejenuhan (DS). Tahap berikutnya adalah merumuskan skenario TDM berdasarkan
viii
preferensi pelaku pergerakan dengan tabulasi statistik deskriptif. Tahap terakhir adalah menganalisis dampak skenario TDM terhadap tingkat pelayanan jalan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan kemudian dilakukan estimasi dan simulasi. Berdasarkan hasil analisis pengaruh bangkitan pergerakan terhadap tingkat pelayanan jalan, menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada bangkitan pergerakan yang dihasilkan oleh kegiatan perkantoran (x1) terhadap tingkat pelayanan jalan (y) di Koridor Nicolau Lobato-Kolmera ditunjukkan dengan nilai p-value yang kurang dari 0.05. Sedangkan bangkitan pergerakan yang dihasilkan oleh kegiatan perdagangan dan jasa (x2) secara statistik tidak signifikan, di mana nilai p-value yang lebih besar dari 0.05. Sehingga model regresi yang terbentuk adalah y = 0.589 + 0.004x1 + 0.00042x2 dengan nilai R-square sebesar 53,4%. Model regresi tersebut kemudian digunakan untuk mensimulasi skenario TDM yang sebagian besar disetujui oleh para pekerja pada kedua jenis kegiatan yakni skenario vanpool, carpool dan flextime. Selanjutnya, hasil simulasi menunjukkan bahwa skenario TDM berupa vanpool dinilai lebih efektif meningkatkan pelayanan jalan dibandingkan skenario carpool dan flextime. Oleh karena itu, upaya peningkatan pelayanan jalan dapat dilakukan melalui kebijakan TDM vanpool dan flextime pada kegiatan perkantoran. Sedangkan pada kegiatan perdagangan dan jasa perlu adanya kombinasi kebijakan carpool dan flextime untuk mengurangi nilai DS secara signifikan.
======================================================================
Nicolau Lobato-Kolmera Street is one of the corridors located in the center of Dili, which is mostly dominated by government and business offices. Those buildings, therefore could generate a significant trip production, such as daily travel to workplace done by routine workers. Thus, the road service become unstable in which tend to cause the occurrence of congestion, especially during the peak-hours. However, recently, there is no policy being applied by the government in order to address the congestion problem. The purpose of this research is to find an alternative in order to enhance the road service at the Nicolau Lobato-Kolmera Corridor throughout a study of developing the Transport Demand Management (TDM) scenario by using voluntarism approach, which is mainly oriented to mode shifting (ridesharing-vanpool and ridesharing-carpool) and time shifting (flextime, staggered shift, compressed work-week). In general, there are four stages that need to be followed. First, identifying the trip generation by using descriptive statistics method. Second, analyzing the existing levels of road service by using Degree of Saturation (DS) calculation. Third, formulating the TDM Scenario based on the mover’s preference by using descriptive statistics (cross-tabulation analysis). Finally, exploring the effect of TDM Scenario towards
x
road service by using multiple linear regressions analysis before undertaking estimation and simulation. As a result, there is a significant contribution of trip generation by the office activities (x1) toward road service levels (y) at Nicolau Lobato-Kolmera as the p-value is lower than 0.05. However, trip generation generated by the business activities (x2) is statistically insignificant as the p-value is higher than 0.05. Thus, the regression model is formed into y = 0.589 + 0.004x1 + 0.00042x2 with the R-square value of 53.4%. This model will then be utilized to simulate the TDM Scenarios, which approved by the workers, such as the scenario of vanpool, carpool, and flextime. Hence, the result of the simulation shows that the vanpool TDM Scenario is more effective in enhancing the road service, compared to carpool and flextime. In conclusion, the effort of enhancing the road service can be applied through TDM vanpool and flextime policy for office activities. While, carpool and flextime are needed for a policy combination in order to significantly reduce the DS value in business activities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transport Demand Management, mode shift dan time shift, tingkat pelayanan jalan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ELIZIARIA FEBE GOMES
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:48
Last Modified: 06 Mar 2019 03:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43862

Actions (login required)

View Item View Item