Evaluasi Kinerja Fasilitas Terminal 1A Bandara Internasional Soekarno Hatta Dalam Melayani Pergerakan Penumpang

Suryawinata, Muhammad Faishal (2017) Evaluasi Kinerja Fasilitas Terminal 1A Bandara Internasional Soekarno Hatta Dalam Melayani Pergerakan Penumpang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115105045_undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
3115105045_undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta mengalami peningkatan sebesar 19,3 % pada tahun 2016. Pada tahun lalu, terminal 1 Bandara Soekarno Hatta sudah melayani lebih dari 20 juta penumpang. Terminal 1 sudah mengalami kelebihan kapasitas. Sebagian besar pada terminal 1 merupakan penumpang pada penerbangan domestik yang domestik yang dilayani pada terminal 1A. Untuk mengantisipasi pertumbuhan penumpang tersebut, perlu dilakukan evaluasi dan pengembangan fasilitas pelayanan dalam terminal seperti curbside, check – in area, ruang tunggu keberangkatan, dan baggage area. Evaluasi kinerja fasilitas dilakukan saat kondisi eksisting dan kondisi 5 tahun mendatang dengan menggunakan metode regresi linier untuk memperkirakan jumlah pertumbuhan penumpang pada terminal 1A. Kecepatan pelayanan dan kecukupan luas fasilitas menjadi indikator baik/tidaknya kinerja fasilitas terminal di suatu bandara. Pada tugas akhir ini, Level of Service (LOS) yang dirumuskan oleh digunakan Internastional Air Transport Association (IATA) digunakan untuk menganalisis kinerja fasilitas di terimanl 1A Bandara Soekarno Hatta. Dari hasil analisa, diperoleh bahwa nilai LOS fasilitas kerb pada kondisi eksisting dan pada tahun rencana adalah A dan D dengan nilai angka 47 % dan 85 %. Nilai LOS fasilitas check-in pada kondisi eksisting dan tahun rencana adalah F dengan nilai angka 0,57 m² dan 0,32 m². Selain itu, nilai LOS fasilitas ruang tunggu pada kondisi eksisting dan tahun rencana adalah A dan C dengan nilai angka 37 % dan 65 %. Nilai LOS fasilitas pengambilan bagasi pada kondisi eksisting dan tahun rencana adalah C dan E dengan nilai angka 1,77 m2 dan 0,62 m2. Oleh karena itu, diperlukan solusi perbaikan untuk meningkatkan kinerja pada setiap fasilitas pemrosesan penumpang.
=================================================================
The number of passengers at Soekarno Hatta International Airport increased by 19.3% in 2016. In last year, terminal 1 of Soekarno Hatta Airport served more than 20 million passengers. Terminal 1 is already overloaded. Most of passenger in terminal 1 are domestic flights passengers served at terminal 1A. To anticipate the passenger growth, it is necessary to evaluate and develop service facilities in terminals such as curbside, check - in area, departure lounge, and baggage area. Evaluation of facility performance is done during existing condition and condition of next 5 years by using linear regression method to estimate number of passenger growth at terminal 1A. The speed of service and the adequacy of the facility become an indicator of good performance of terminal facilities at an airport. In this final project, the Level of Service (LOS) formulated by International Air Transport Association (IATA) is used to analyze the performance of facilities in the 1A Soekarno Hatta Airport. From the analysis result, it is found that the LOS value of curbside facility in the existing condition and the plan year are A and D respectively with the value number are 47 % and 85% . The LOS value of check-in facility on the existing condition and the plan year are F with the value number are 0,57 m² and 0,32 m². In addition, the LOS value of the waiting room facility in the existing condition and the plan year are A and C respectively with the value number are 37% and 65 %. The LOS value of the Baggage Claim facility under existing conditions and the year of the plan are C and E with the value number are 1,77 m2 and 0,62 m2. Therefore, an improvement solution is needed to improve the performance of each passenger processing facility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.539 Sur e-1
Uncontrolled Keywords: Level of Service, Terminal 1A, Bandara Soekarno Hatta, Pertumbuhan Penumpang
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Faishal Suryawinata
Date Deposited: 30 Nov 2017 07:51
Last Modified: 06 Mar 2019 04:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43871

Actions (login required)

View Item View Item