Pembuatan Pupuk Organik Tahan Penyakit Hawar Daun Bakteri Untuk Tanaman Padi-padian

Rifki, Mohammad and Hanifianto, Luqman (2017) Pembuatan Pupuk Organik Tahan Penyakit Hawar Daun Bakteri Untuk Tanaman Padi-padian. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2313100111-2313100122-Undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
2313100111-2313100122-Undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Xanthomonas Oryzae Pv Oryzae (Xoo) merupakan mikroorganisme yang menyebabkan penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB) pada padi yang merugikan petani. Pseudomonas flourescens (Pf) berpotensi menjadi agen pengendali Xoo dan Azotobacter chrococcum (Az) dapat membantu padi lebih tahan penyakit sehingga berpotensi untuk membantu mengurangi dampak HDB pada tanaman padi dalam bentuk pupuk organik. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan limbah pertanian jagung menjadi pupuk organik dan mempelajari mikroorganisme yang dapat menghasilkan pupuk organik terbaik dan tahan terhadap penyakit tanaman padi HDB (hawar daun bakteri) yang disebabkan oleh mikroorganisme Xanthomonas Oryzae.
Dalam penelitian ini akan dilakukan pembuatan pupuk organic dari limbah pertanian jagung menggunakan metode rotary drum composting dengan bantuan Bioactivator EM4 dan bakteri Pf dan Az. Variabel yang digunakan adalah Pf dan Az dengan perbandingan 1:1,1:2, 2:1, 1:3, 3:1 dan EM4 sebanyak 15 ml. langkah pertama untuk pembuatan pupuk ini adalah dengan mempersiapkan bahan dan menguji C,N,P, dan K limbah pertanian jagung yang telah dicacah, kemudian mencampurkan limbah jagung dengan EM4 dan bakteri Pf & Az, selanjutnya memasukannya kedalam rotary drum composting dan diaerasi dengan rate udara 14L/menit/variabel, setelah itu dibiarkan selama 15 hari untuk pengomposan dan diaduk sebanyak 3x sehari. Pupuk yang dihasilkan akan diuji pada tanaman padi yang diinjeksikan Xoo dengan metode clipping method. Pengujian ketahanan terhadap penyakit menggunakan Area Under
Disease Progres Curve (AUDPC) dan Diuji juga dengan tinggi batang dan berat gabah yang dihasilkan. Hasil yang diberikan dari penelitian ini adalah untuk pertumbuhan tanaman terbaik terdapat pada variabel perbandingan mikroorganisme Pseudomonas fluorecense : Azotobacter chroococum 1:2.
==============================================================================================
Xanthomonas oryzae Pv oryzae (Xoo) are microorganisms that cause HDB disease in rice were detrimental to farmers. Pseudomonas flourescens (Pf) could potentially be Xoo control agents and Azotobacter chrococcum (Az) can help rice more resistant to HDB disease, and potential as reduce the impact of HDB in rice plants in the form of organic fertilizer. The purpose of this study is to utilize agricultural waste into organic fertilizer and maize studying microorganisms that can produce the best organic fertilizer and rice plants resistant to disease HDB (bacterial leaf blight) caused by Xanthomonas oryzae microorganisms.
In this research will be conducted by making organic fertilizer from agricultural waste corn using rotary drum composting with the help of EM4 Bioactivator, Pf and Az bacteria. The variables used were Pf and Az in the ratio 1:1, 1:2, 2:1, 1:3, 3:1 and EM4 15 ml. the first step in the manufacture of this fertilizer is to prepare the material and test C, N, P, and K agricultural waste corn chopped, then mix the waste corn with EM4 and bacteria Pf & Az, then put it into a rotary drum composting and aerated with air rate air 14L / min / variable, then and for 15 days for composting and stirred as much as 3 times a day. The resulting fertilizer will be tested in rice is injected Xoo method clipping method. Testing disease resistance using the Area Under Disease Progress Curve (AUDPC) and tested well with stem height and weight of grain produced. The results of this study are for the best growth of plants found in the variable comparison of microorganisms Pseudomonas fluorecense : Azotobacter chroococum 1:2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSK 631.875 Han p-1
Uncontrolled Keywords: Xanthomonas Oryzae , HDB , Pseudomonas Flourescens, Azotobacter Chrococcum , Pupuk Organik, EM4
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Chemical Engineering > 24201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mohammad Rifki Mohammad Rifki
Date Deposited: 04 Dec 2017 03:46
Last Modified: 06 Mar 2019 04:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44251

Actions (login required)

View Item View Item