Perencanaan Waktu dan Biaya Pelaksanaan Proyek Pembangunan Hotel dan Apartemen My Tower Surabaya Lantai Semi Basement - Lantai 3

Putri, Rani Khurniawati and ., Hannah (2017) Perencanaan Waktu dan Biaya Pelaksanaan Proyek Pembangunan Hotel dan Apartemen My Tower Surabaya Lantai Semi Basement - Lantai 3. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030125-3114030130-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
3114030125-3114030130-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hotel dan Apartemen My Tower Surabaya adalah bangunan 35 lantai dengan luas 2951,212 m2 dan telah dibangun tahun 2014. Proyek akhir ini akan melakukan perencanaan pelaksanaan pekerjaan struktur dengan objek pembangunan Hotel dan Apartemen My Tower Surabaya dari lantai semi basement hingga lantai 3 saja sampai mendapat hasil akhir berupa waktu dan biaya pelaksanaan sesuai dengan metode yang direncanakan.
Perhitungan waktu dan biaya pelaksanaan menggunakan sumber referensi utama dari Ir. A. Soedrajat s, Analisa (cara
modern) Anggaran Biaya Pelaksanaan, Penerbit “Nova”,
Bandung dan referensi tentang alat berat. Perhitungan volume pekerjaan dihitung berdasarkan gambar pelaksanaan yang ada dan
berdasarkan analisa. Sedangkan untuk produktivitas dan kebutuhan sumber daya setiap pekerjaan dihitung berdasarkan referensi yang digunakan sehingga didapatkan waktu dan jumlah biaya yang diperlukan dari pelaksanaan pembangunan pada obyek studi.
Hasil durasi dan produktivitas tiap pekerjaan yang dihitung sebelumnya dapat dijadikan input pada aplikasi software MS Project 2010 untuk membantu dalam merencanakan penjadwalan pelaksanaan proyek beserta dengan metode pelaksanaannya. Kontrol penjadwalan dilakukan dengan melakukan analisis pada resource graph untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya agar tidak adanya idle time. Dari perencanaan yang telah disusun didapatkan hasil durasi pelaksanaan proyek tersebut adalah 395 hari dengan total biaya pelaksanaan sebesar Rp.29.491.077.424,00.
========================================================================================================================Hotel and Apartement My Tower Surabaya is a 35 storey building with an area of 2951,212 m2 has been built in 2014. This final project is to use the building to plan of the structural construction in order to calculate total construction cost and duration in accordance with the planned method.
Time and cost analysis of the construction plan use main reference from Ir. A. Soedrajat S, Analisa (cara modern) Anggaran Biaya Pelaksanaan, Penerbit “Nova”, Bandung and other reference on heavy equipment. The work volume was calculated directly based on the design drawing and based on the analysis. As for the productivity and resource requipments of each job is calculated based on the reference used to obtain the time and cost required from the implementation of development on the object of study.
The duration and productivity of each work calculated beforehand can be used as input in MS Project 2010 software application to assist in planning the scheduling of project implementation along with thr method of implementation. Scedulling control by analyzing the resource graph to optimize the use of resources in the absence of idle time. From the planning, total duration of the construction plan is 395 days with total cost is Rp.29.491.077.424,00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Pelaksanaan, Waktu Pelaksanaan, Biaya Pelaksanaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Hannah -
Date Deposited: 29 Sep 2017 07:24
Last Modified: 06 Mar 2019 03:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44332

Actions (login required)

View Item View Item