Pengembangan Aplikasi Peta Interaktif Tiga Dimensi Pada Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Menggunakan Unity Engine

Ariefianto, I Gusti Bagus Rogeri (2017) Pengembangan Aplikasi Peta Interaktif Tiga Dimensi Pada Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Menggunakan Unity Engine. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5211100121-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5211100121-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Era teknologi informasi saat ini sudah memungkinkan kita untuk dapat melakukan suatu proses secara virtual, seperti salah satunya adalah dalam bentuk peta interaktif tiga dimensi, dimana proses untuk mengunjungi suatu tempat digantikan dengan mengunjungi suatu dunia virtual dalam bentuk peta interaktif tiga dimensi, dimana proses untuk mengunjungi suatu tempat digantikan dengan mengunjungi suatu dunia virtual dalam bentuk peta tiga dimensi dari lokasi tersebut. Proses virtualisasi semacam ini yang diharapkan untuk dapat membantu penggunanya mendapatkan informasi secara lebih menarik. Peta interaktif tiga dimensi semacam ini merupakan salah satu topik penelitian mahasiswa ITS terbukti dengan beberapa judul tugas akhir yang mengambil tema peta tiga dimensi dengan objek lokasi yang berbeda-beda. Objek dalam penelitian ini, Jurusan Teknik Sipil ITS, sudah pernah menjadi objek penelitian sebelumnya mengenai peta interaktif tiga dimensi dengan menggunakan Unreal Engine, namun setelah dibuatkan, dari pihak klien masih merasa tidak tahu bagaimana cara memakainya dan melakukan perubahan pada aplikasi tersebut. Dari penelitian sebelumnya, hal tersebut juga disarankan untuk dapat mengembangkan peta interaktif tiga dimensi tersebut supaya dapat digunakan secara online pada web, sehingga dapat salah satu keputusannya adalah untuk menggunakan Unity Engine yang mampu untuk membuat game untuk ditaruh pada browser. Pada penelitian tentang Unity sebelumnya juga tidak terlihat penggunaan database pada hosting, yang mana apabila bisa dilakukan, akan dapat mempermudah perubahan isi konten seperti tulisan, gambar, dan video.
Oleh karena itu, penulis akan mengembangkan peta interaktif tiga dimensi dari Jurusan Teknik Sipil ITS dengan menggunakan Unity Engine sehingga memungkinkan untuk membuat virtual reality tersebut dapat dijalankan di dalam sebuah web, dan menghubungkan aplikasi dengan database dalam sebuah web hosting.
========================================================================================================================
The era of information technology (IT) is now required to perform a virtual process, such as one in the form of three-dimensional interactive map, whre the process for a place is replaced with a virtual world in the form of three-dimensional interactive map, where the process for a place is replaced with a virtual world in the form of a three-dimensional map of the intended location. This kind of virtualization process is expected to help further information. This three-dimensional interactive map is one of ITS student’s research topics that is proven by some final project titles that take this theme of three-dimensional map using Unreal Engine, but after those are being made, the client doesn’t seem to know how to use and update those programs. From previous researcehs, it is also suggested that the next research to be able to develop three-dimensional interactive map that could be used online on the web. Previous researches that uses Unreal Engine or Unity Engine doesn’t seem to have access database from web hosting, whereas eversince Unity5 comes out, those feature for accessing web databases are made possible even for non-paying user, where we could take value of text, images, videos, or some Unity objects other than scripts from the web that is compressed with Unity’s AssetBundles.

Therefore, the author will develop three-dimensional interactive maps of ITS’ Civil Engineering Department by using Unity Engine so it would be possible to create virtual reality as it can be run and organized in a dynamic web simulation, and making the program to be able to access data from the web.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 3D, Unity, Interactive Map, Civil Engineering, ITS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ariefianto I Gst Bagus Rogeri
Date Deposited: 06 Oct 2017 03:14
Last Modified: 06 Mar 2019 04:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44430

Actions (login required)

View Item View Item