Studi Kinerja DSR-PNT Dengan Penambahan Faktor Jumlah Node Tetangga Pada VANETs

Yudistira, Bagus Gede Krishna (2017) Studi Kinerja DSR-PNT Dengan Penambahan Faktor Jumlah Node Tetangga Pada VANETs. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5115201035-Master-Theses.pdf]
Preview
Text
5115201035-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Vehicular Ad Hoc Networks (VANETs) merupakan sebuah bagian dari Mobile Ad Hoc Networks (MANETs). Kendaraan yang menjadi sebuah node dalam VANETs biasanya bergerak dengan cepat dan kecepatan yang bervariabel sehingga topologinya dapat dengan cepat berubah. Salah satu permasalahan yang umum terjadi pada VANETs adalah konektifitas antar kendaraan dan pemilihan kendaraan mana yang paling tepat untuk menjadi perantara antara pengirim paket dan tujuan.
Untuk menentukan node yang paling sesuai untuk menjadi relaying node, dibutuhkan studi yang mempelajari faktor apa yang membuat sebuah node menjadi node yang paling pantas dipilih sebagai forwarder. Faktor tersebut dapat berupa kecepatan kendaraan maupun akselerasinya, arah pergerakan dari kendaraan, maupun kualitas link antar kendaraan. Setelah mengetahui ketiga faktor tersebut pada setiap neighbour node yang tersedia, future Total Weight Route (TWR) dapat dikalkulasi sehingga dapat diketahui route dari source ke destination yang paling optimal.
Pada penelitian ini, packet delivery ratio dari metode yang disuulkan (DSR-PNT) unggul sebanyak 20% dari protokol DSR. Hal ini disebabkan oleh seleksi relaying node yang paling layak dipilih sebagai forwarder dengan perhitungan TWR sehingga keberhasilan pengiriman paket dapat berjalan secara optimal. Penelitian ini membahas dampak penambahan parameter neighbour node pada metrik routing dalam menentukan nilai TWR serta pengaruh node density terhadap packet delivery ratio.

=================================================================

Vehicular Ad Hoc Networks (VANETs) is a part of Mobile Ad Hoc
Networks (MANETs). Node in VANETs usually moves quickly and its speed
continuously changed so that the topology also quickly changed. One of the
problems that commonly oc
cur in VANETs is connectivity between the vehicle
and the selection of the most appropriate vehicle to be an intermediary between
the sender of the packet and the destination.
To determine the most appropriate node to be relaying node, requires study
of w
hat factors make a node being a node most electable as a forwarder. Such
factors may include vehicle speed and acceleration, direction of movement of the
vehicle, as well as the quality of the links between vehicles. After knowing these
three factors at ea
ch neighbor node is available, futures Total Weight Route
(TWR) can be calculated so that the most optimal route from source to destination
can be known.
In This Study, proposed method (DSR
-
PNT)
improved approximately 20%
of packet delivery ratio from the
original DSR. This situation could be achieved
with the selection process of relaying node, which is the relaying node must be the
most optimal node in the neighbour list. The most optimal node and their
suboptimal node calculated with TWR process.
This s
tudy discusses the impact of
neighbor node parameters added to the routing metric in determining the value of
TWR
and the impact of node density to packet delivery ratio.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Connectivity Model, Pattern Connectivity, Relay Node, VANETs, VANETs Scenario, Vehicular Networks
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.585 Cloud computing. Mobile computing.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Bagus Gede Krishna Yudistira
Date Deposited: 28 Sep 2017 08:57
Last Modified: 06 Mar 2019 04:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44449

Actions (login required)

View Item View Item