Perancangan Game Berbasis Android sebagai Media Promosi bagi Perusahaan Semen Studi Kasus PT Semen Gresik (Persero)

Aini, Risdianatul (2017) Perancangan Game Berbasis Android sebagai Media Promosi bagi Perusahaan Semen Studi Kasus PT Semen Gresik (Persero). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2513100029-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2513100029-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan infrastruktur di Indonesia semakin meningkat pesat, mengakibatkan muncul banyak perusahaan-perusahaan semen baru yang berusaha untuk memnuhi kebutuhan permintaan semen. Salah satu perusahaan sebagai produsen semen terbesar di Indonesia adalah PT Semen Gresik (persero) Tbk. Berdasarkan data ASI (Asosiasi Semen Indonesia) tahun 2017, penjualan PT Semen Gresik dalam negeri mencapai lebih dari 2 juta ton pada 2017. Meningkatnya penjualan semen ini didukung dengan strategi marketing yang baik, salah satunya dengan promosi. Perkembangan teknologi dan penggunaan Android yang diperkirakan akan terus meningkat hingga tahun 2021 menjadi kesempatan perusahaan untuk memanfaatkannya sebagai media promosi. Penggunaan game sebagai media berpromosi masih jarang digunakan, khususnya pada produk semen. Perancangan game sebagai media promosi yang dapat diselipkan informasi-informasi mengenai semen sehingga dapat menambah pengetahuan masyarakat serta meningkatkan penjualan semen. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk merancang game sebagai media promosi yang lebih interaktif, mudah dipahami dan menarik serta dapat menjadi tools pemahaman dan pengetahuan keluarga mengenai semen. Selain itu untuk mengukur kepuasan, digunakan usability testing. Alur dari proses perancangan game ini, dimulai dengan melakukan studi literatur, yang selanjutnya dilakukan pengamatan dan wawancara kepada pihak terkait yaitu masyarakat dan pihak PT Semen Gresik (Persero). Kemudian mengidentifikasi informasi-informasi mengenai semen dan mengidentifikasi aspek promosi dalam produk semen pada tahap perancangan arsitektur game. Adapun 4 aspek yang didapatkan antara lain promosi yang dilakukan tidak secara langsung merujuk pada produk semen PT Semen Gresik (Persero), namun menggunakan kata-kata promosi yang sudah umum digunakan oleh perusahaan tersebut, target promosi dikelompokkan sesuai dengan pengguna, serta PT Semen Gresik (Persero) berusaha untuk memberikan apa yang konsumen butuhkan melalui promosi yang dilakukan. Selanjutnya penentuan variabel usability dimana digunakan kuesioner SUS yang digunakan untuk menentukan kepuasan pengguna terhadap game yang telah dirancang. Tahap selanjutnya adalah pembangunan game yaitu dengan merancang aspek yang dibutuhkan dalam game seperti storyboard yang menjelaskan mengenai alur cedrita dalam game serta perancangan stage dalam game, penentuan karakter yang terdiri dari karakter utama yaitu Mr. C, bola sebagai rintangan, tanda “?” dan treasure berupa semen, struktur menu yang terdiri dari menu about, instruction, play, setting serta exit, dan perancangan interface. Tahap selanjutnya dilakukan pengujian usability dimana hasil yang diperoleh adalah 67,5 dan dalam skala SUS masih tergolong rata-rata atau ok, sehingga game tersebut dapat dikatakan usable. Tahap terakhir dilakukan analisis dan evaluasi berdasarkan hasil dariusability testing. Hasil tersebut menunjukkan masih perlu dilakukan beberapa perbaikan pada game yang dirancang, yaitu pada bagian background, penggantian font, dan penggantian icon untuk button maju, mundur dan melompat.
======================================================================================
The development of infrastructure in Indonesia is increasing rapidly, resulting in
the emergence of many new cement companies that are trying to meet the demand for
cement. One of the largest cement producers in Indonesia is PT Semen Gresik (Persero)
Tbk. Based on data from ICA (Indonesian Cement Association) in 2017, sales of PT
Semen Gresik (Persero) in the country reached more than 2 million tons in 2017. The
increase of cement sales is supported by a good marketing strategy, such as promotion.
The development of technology and the use of Android is expected to continue to increase
until the year 2021 into a company opportunity to use it as promotion methods. The use
of games as a promotion method is still rarely used, especially on cement products. Game
design as a promotion method that can be inserted information about cement so as to
increase public knowledge and increase cement sales. This research was created with the
aim to design games as a promotion method more interactive, easy to understand and
interesting and one of tools to understanding of the family about cement. In addition to
measure satisfaction, used usability testing. The flow of the design process of this game,
begins with a study of literature, which then conducted observations and interviews to
related parties namely the community and the PT Semen Gresik (Persero). Then identify
the information about cement and identify the promotion aspect in the cement product at
the design stage of game architecture. The four aspects that are obtained include
promotions that do not directly refer to the cement products of PT Semen Gresik (Persero),
but using promotional words that are commonly used by the company, promotional
targets are grouped according to the user, and PT Semen Gresik (Persero) strive to provide
what consumers need through promotions made. Furthermore, the determination of
usability variables which used SUS questionnaire is used to determine the satisfaction of
users against games that have been designed. The next stage is the development of the
game is by designing aspects needed in the game such as storyboard that explains about
the flow of cedrita in the game and the design of the stage in the game, the determination
of characters consisting of the main character is Mr. C, the ball as a hurdle, a "sign" and
a treasure of cement, menu structure consisting of menu about, instruction, play, setting
and exit, and interface design. The next stage is usability testing where the results
obtained are 67.5 and in the SUS scale is still classified as average or ok, so the game can
be said usable. The last stage of analysis and evaluation based on the results of the
testability testing. The results indicate that there are still some improvements to the game

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: game, media promosi, perancangan, semen, usability testing
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Risdianatul Aini
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:03
Last Modified: 06 Mar 2019 04:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44457

Actions (login required)

View Item View Item