Desain Kapal Motor Penyeberangan dengan Sistem Penggerak Hibrida untuk Rute Ujung Surabaya-Kamal Bangkalan

Agustin, Dwi (2017) Desain Kapal Motor Penyeberangan dengan Sistem Penggerak Hibrida untuk Rute Ujung Surabaya-Kamal Bangkalan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4113100014-undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kondisi Penyeberangan Ujung-Kamal yang semakin sepi penumpang membuat Pengusaha ASDP terus merugi hingga berniat menutup jalur penyeberangan ini. Salah satu faktor penyebab adalah tingginya biaya operasional untuk bahan bakar BBM. Selain itu, Surabaya merupakan salah satu kota dengan tingkat emisi gas buang yang tinggi dari kendaraan bermotor dengan bahan bakar BBM. Tugas Akhir ini bermaksud memberikan solusi untuk mengurangi jumlah emisi gas buang serta bisa menghemat pemakaian bahan bakar BBM dengan memasukkan konsep kapal dengan sistem penggerak hibrida. Jenis hibrida yang digunakan adalah mesin diesel, hydrogen fuel cell, dan solar panel cell. Payload dari Kapal Motor Penyeberangan ini merupakan jumlah pengguna jasa angkutan Ujung-Kamalyang diperoleh dari PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP). Kemudian dari jumlah pengguna jasa angkutan dibuat gambar awal untuk menghitung payload luasan geladak(geladak penumpang dan kendaraan), sehingga didapatkan ukuran utama kapal dari layout geladak penumpang dan kendaraan.Setelah itu dilakukan perhitungan teknis berupa perhitungan berat, trim, freeboard, dan stabilitas. Ukuran utama yang didapatkan adalah Lpp = 42 m; B = 6.9 m; H = 3 m; T = 2 m. Tinggi freeboard minimum sebesar 150 mm, besarnya tonnase kapal adalah 295 GT, dan kondisi stabilitas Kapal Motor Penyeberangan memenuhi kriteria Intact Stability (IS) Code Reg. III/3.1. Biaya pembangunan kapal baru sebesarRp 13,173,344,991.91dengan BEP pada bulan ke-68, sehingga kapal ini layak untuk dibangun. ==================================================================== The condition of crossing from Ujung to Kamal make loss to PT. ASDP that they plan to close this route. One of the many factors is high operational cost. Besides that, Surabaya is one of the cities in Indonesia with high emission gas. This final project gives solutions to reduce emission gas and reduce the use fossil fuel with hybrid-propulsion concept. The type of hybrid used in this final project are diesel engine, hydrogen fuel cell, and solar panel cell. Payloads of this passenger ship is the amount of passenger crossing from Ujung-Kamal of PT. ASDP. From that data, an initial design is made to determine deck area payload (passenger deck and vehicle deck) so that the main dimension of the vessel is obtained from the decks layout. In continuance, ratio of main dimensions are calculate. There should be a technical calculation concerning on weight, trim, freeboard, and stability. The main dimension calculated are Lpp =42 m; B =6.9 m; H =3 m; T =2 m. The minimum freeboard height is 150 mm, tonnage capacity is 295 GT, and the stability condition of the Passenger Ship has passed the criteria of Intact Stability (IS) Code Reg. III/3.1). The ship building cost is Rp13,173,344,991.91 with the BEP on the 68th month, so the ship is feasible to be built.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Emisi, hibrida (hydrogen fuel cell, mesin diesel, dan solar panel cell), kapal motor penyeberangan, Ujung Kamal
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dwi Agustin .
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:22
Last Modified: 06 Mar 2019 02:10
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/44523

Actions (login required)

View Item View Item