Perancangan Rumah Kos Mahasiswi Malang dan Asrama Trensains Jombang

Husodo, Dwi Cahyo (2017) Perancangan Rumah Kos Mahasiswi Malang dan Asrama Trensains Jombang. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3216111009-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3216111009-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rumah kos mahasiswi Malang adalah sebuah tempat tinggal sementara bagi para mahasiswi yang sedang menempuh studi di kota Malang. Umumnya penghuni kos ini adalah para mahasiswi yang berasal dari luar kota. Rumah kos ini merupakan kebutuhan primer bagi para mahasiswi, sehingga perlu adanya perhatian khusus dalam perancangan rumah kos. Rumah kos yang ada harus di rancang dengan baik agar dapat menjadi sebuah tempat tinggal sementara yang layak bagi para penghuninya.

Perancangan pada rumah kos ini memperhatikan beberapa aspek, antara lain aspek kenyamanan, keamanan dan kesehatan. Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, dapat membuat rumah kos ini menjadi sebuah ruang huni yang baik dan dapat “memanusiakan” mahasiswi sebagai penghuninya. Selain memperhatikan beberapa aspek tersebut, dalam perancangan dari rumah kos ini juga memperhatikan dan mematuhi peraturan yang ada di kota malang. Sehingga keberadaan dari rumah kos ini tidak memberikan dampak negative pada lingkungan sekitar yang merupakan daerah perumahan warga. Oleh karena itu, rumah kos ini diharapkan dapat menjadi salah satu model rumah kos yang baik di kota malang.

Asrama Trensains ini merupakan sebuah tempat tinggal sementara bagi para siswa pada Pesantren Sains Jombang. Pola pendidikan di pesantren mengharuskan para siswa untuk tinggal di dalam asrama selama para santri menuntut ilmu di pesantren tersebut. Pada sebuah pesantren, proses belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas, namun juga di asrama. Dengan begitu, maka perlu adanya perhatian khusus untuk membuat sebuah asrama yang layak dan memenuhi kebutuhan para santri. Dengan adanya sebuah asrama yang baik, dapat mendukung pesantren dalam meningkatkan kualitas institusi dan juga kualitas dari para santri.

Asrama trensains ini memperhatikan pada hal-hal teknis seperti pemilihan material dan pengerjaan khusus. Hal ini termasuk konsep perencanaan lantai, perencanaan kusen, perencanaan plafon, perencanaan titik lampu, perencanaan inti dan perencanaan tapak. Dengan berfokus pada hal-hal teknis ini, dapat membuat proses dalam perkembangan bangunan ini berlangsung dengan baik dan juga dapat menghasilkan produksi yang baik. Perhatian khusus pada detail-detail pada bangunan ini akan menambah kualitas dari bangunan asrama trensains ini.
=========================================================================================================
Female Student boarding house Malang is a temporary residence for the Female students who are studying in the city of Malang. Generally the boardingers of this boarding house are the students who come from out of town. This boarding house is a primary requirement for the students, so it’s need special attention in designing boarding houses. The boarding house should be well designed to be a viable residence for the inhabitants.

The design of the boardinghouse is concerned with several aspects, including aspects of comfort, security and health. By paying attention to these aspects, can make this boarding house into a good living space and can "humanize" female students as residents. In addition to observing some of these aspects, in the design of this boarding house also pay attention and comply with the existing regulations in Malang. So the existence of this boarding house does not give a negative impact on the surrounding environment which is a residential area of citizens. Therefore, this boarding house is expected to be one of the model of a good boarding house in Malang.

This Trensains Dormitory is a temporary residence for students at Jombang Pesantren Science School. Education in pesantren requires students to stay in the dorm as long as the students are studying at the pesantren. In a pesantren, the learning process is not only done in the classroom, but also in the dormitory. That way, there needs to be special attention to make a decent dormitory and meet the needs of the santri. With the existence of a good dormitory, can support pesantren in improving the quality of the institution and also the quality of the santri.

The design of this trensains dormitory looks at technical matters such as material selection and special settlement. These include the concept of floor plan, frame plan, ceiling plan, lamp point plan, core work plan and site plan. By paying attention to these technical matters, will make the process in development work well and also produce a good building. Special attention to detail and its completion will improve the quality of this building.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RPA 727.38 Hus p-1 3100018074082
Uncontrolled Keywords: Rumah Kos, Mahasiswi, Asrama, Pesantren Sains, Boarding House, Comfort, Security, Health
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA6602.D6 Dormitories
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: Dwi Cahyo Husodo .
Date Deposited: 05 Oct 2017 04:51
Last Modified: 28 Dec 2020 01:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44541

Actions (login required)

View Item View Item