Analisa Tegangan Jatuh pada Sistem Kelistrikan Kapal Tanker 1170 GT Akibat Penggunaan Sistem Propulsi Elektrik dengan Motor DC Menggunakan Software Simulasi

Laksana, Genta Yuzza (2017) Analisa Tegangan Jatuh pada Sistem Kelistrikan Kapal Tanker 1170 GT Akibat Penggunaan Sistem Propulsi Elektrik dengan Motor DC Menggunakan Software Simulasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4213100103_Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor penting pada sebuah sistem kelistrikan kapal adalah kualitas tegangan yang dikirimkan / diterima oleh sebuah beban listrik yang ada dikapal. Buruknya kualitas tegangan yang dihasilkan bisa mengakibatkan penurunan keandalan sistem tenaga listrik dan bisa mengurangi lifetime dari peralatan tersebut. Tegangan jatuh yang terjadi pada beban listrik di kapal sering dihiraukan oleh abk dan jarang mendapat perhatian khusus. Pada penelitian ini dilakukan simulasi tegangan jatuh menggunakan software simulasi dan cara melakukan perhitungan manual untuk mengetahui tegangan jatuh. Hasil yang didapatkan dari hasil simulasi dengan load flow analysis terjadi tegangan jatuh terbesar pada beban motor propulsion yang menggunakan motor dc sebesar 9.49 %. Sementara pada beban yang menggunakan motor ac tegangan jatuh terjadi pada beban steering gear sebesar 10 %. Upaya perbaikan yang dilakukan untuk meminimalkan tegangan jatuh agar sesuai dengan standar yang ditetapkan iec sebesar +/- 5% yaitu menggunakan 2 metode untuk motor dc ( motor propulsion ) menggunakan metode dengan meningkatkan tap trafo pada sisi sekunder sebesar 5%. Sedangkan pada motor ac menggunakan penambahan kapasitor sebesar 10.13 kvar pada bus steering gear. =========================================================================================== One of the important factor in a ship's electrical system is the quality of the voltage transmitted / received by an electric load on the vessel. The poor quality of the resulting voltage can lead to a decrease in the reliability of the power system and can reduce the lifetime of the equipment. The drop voltage occurring at the electrical load on the ship is often ignored by abk and rarely gets special attention. In this research simulation of voltage drop using software simulation and how to do manual calculation to know voltage drop. Results obtained from the simulation results with load flow analysis occurs the largest voltage drop on the load of motor propulsion using dc motor of 9.49 %. While at the load using the ac motor voltage drop occurs at the steering gear load of 10 %. Improvements made to minimize the voltage drop to comply with the standard set by iec of +/- 5% ie using 2 methods for motor dc (motor propulsion) using the method by increasing the tap transformer on the secondary side of 5%. While on the motor ac using the addition of 10.13 kvar capacitor on the bus steering gear.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.850 3 Lak a
Uncontrolled Keywords: Drop voltage, IEC, Ship electrical system, Tegangan jatuh, Sistem kelistrikan kapal
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Genta Yuzza Laksana
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:15
Last Modified: 16 Jan 2018 03:15
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/44904

Actions (login required)

View Item View Item