Kajian Teknis Perubahan Variasi Penempatan Fins Under Ship Terhadap Stabilitas Dan Daya Pada Kapal Patroli

Herlambang, Gufron (2017) Kajian Teknis Perubahan Variasi Penempatan Fins Under Ship Terhadap Stabilitas Dan Daya Pada Kapal Patroli. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Complete.compressed.pdf]
Preview
Text
Complete.compressed.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fins adalah suatu alat berbentuk seperti sayap dan terletak pada sisi bawah lambung kapal, pada kapal cepat patroli berfungsi untuk stsbilitas dan meningkatkan kecepatan kapal dan untuk kapal niaga berfungsi sebagai stabilitas agar muatan yang di bawa seimbang. Dalam peningkatan stabilitas dan kecepatan yang akan dihasilkan yaitu dengan mengaplikasikan fins under ship .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan CFD (Computional Fluid Dynamic), dan yang divariasi adalah dari model fins dan penempatan fins under ship serta memvariasikan sudut fins. Berdasarkan dari pengujian fins akan di variasikan dengan sudut 30⁰, 36⁰ dan 40⁰.
========================================================================================================================
Fins are a device shaped like wings and located on the hull side of the ship, on fast patrol boats its has function for stability and increasing ship speed and for commercial ships its has function to improve stability in order to carry heavy loads .Increasing stability and speed will be produced by applying fins under ship.
The method used in this study using CFD (Computional Fluid Dynamic), and the variation are from the fins model, the placement of fins under ship and from angle variation of fins. Based on the fins test variation of angle will be 30⁰, 36⁰ and 40⁰.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fins, Stabilitas, Power, Patrol Ship
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gufron Herlambang
Date Deposited: 09 Oct 2017 08:29
Last Modified: 06 Mar 2019 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44942

Actions (login required)

View Item View Item