Perkantoran Vertikal Biophilic : Perancangan Perkantoran untuk Meningkatkan Kualitas Ruang

Rahmasari, Kartika (2017) Perkantoran Vertikal Biophilic : Perancangan Perkantoran untuk Meningkatkan Kualitas Ruang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3213100085-undergraduate_theses.pdf] Text
3213100085-undergraduate_theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manusia hidup dalam sebuah lingkungan yang mampu mempengaruhi kondisi fisik maupun mental nya. Selain itu aktivitas yang dilakukan oleh manusia sehari - hari juga menjadi sebuah kunci utama kondisi tubuhnya. Sadar atau tidak sadar faktor eksternal mempengaruhi kondisi mental manusia itu sendiri. Kondisi mental manusia akan menghasilkan sebuaht respon yang salah satunya adalah emosi yang berkaitan erat dengan produktivitas.
Faktor eksternal yang mempengaruhi kondisi manusia salah satunya adalah lingkungan disekitar manusia tersebut. Space salah satunya. Peran penting dari space ini sangat berpengaruh bagi emosi itu sendiri, sadar atau tidak sadar space mampu memberikan dampak kepada kondisi emosional manusia yang berada di dalamnya. Oleh karena itu sebuah kualitas sebuah ruang sangat berkaitan erat dengan kondisi penggunanya.
Keberadaan fenomena ini kemudian dijabarkan sebagai sebuah kemampuan pengguna dalam menterjemahkan ruangan yang ada disekitarnya. Yang kemudian dapat digambarkan sebagai Spatial Triad. Dengan adanya sebuah fenomena ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah ruang yang ada pada sebuah tempat yang berhubungan dengan produktivitas. Oleh karena itu, sebuah perkantoran merupakan objek yang tepat sebagai wadah penerapan Spatial Triad yang kemudian menggunakan pendekatan desain Biophilic untuk penyelesaiannya.
=============================================================================================
Human beings live in an environment which can affect their physical conditions and mental states. In addition, activities carried out every day by human beings also become a main factor in determining their body conditions. Consciously or not, external factors affect the mental states of human beings. Human beings’ mental states will produce a response, one of which is emotion which is closely related to productivity
One of the external factors which affect human beings’ conditions is the environment around them. Space is one of them. The important role of space greatly influences the emotion. Space is capable of impacting the emotional states of human beings which are in it. Thus, the quality of a space is closely related to the conditions of its users.
The existence of this phenomenon is then described as the users’ capabilities in translating the space around them, which can then be described as Spatial Triad. This phenomenon’s existence can be utilized to – the space in a place which is related to productivity. Therefore, office is an appropriate object as a container of the application of Spatial Triad which then uses Biophilic design approach for its completion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 727.658 Rah p
Uncontrolled Keywords: biophilic, presepsi ruang perkantoran vertikal, perception of space, vertical office
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kartika Rahmasari .
Date Deposited: 24 Nov 2017 08:29
Last Modified: 24 Nov 2017 08:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44956

Actions (login required)

View Item View Item