Analisa Tegangan Pipa & Perpindahan Panas Sistem Thermal Oil pada Tangki-Tangki Bahan Bakar Kapal 17500 LTDW Product Oil Tanker

Panggabean, Juda Imanuel Osvaldo (2017) Analisa Tegangan Pipa & Perpindahan Panas Sistem Thermal Oil pada Tangki-Tangki Bahan Bakar Kapal 17500 LTDW Product Oil Tanker. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213101038-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4213101038-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem thermal oil merupakan salah satu sistem atau instalasi yang penting di kapal. Sistem ini digunakan untuk memanaskan bahan bakar, yang mana bahan bakar tersebut nantinya akan digunakan untuk menunjang operasional dari main engine, auxiliary engine, dan boiler. Dalam pengoperasiannya, sistem ini memerlukan peralatan-peralatan yang sesuai (mampu bertahan pada tekanan dan temperatur kerja) untuk menunjang operasional. Sistem thermal oil tersebut telah terpasang di kapal MT. Parigi, tetapi belum dites. Sistem ini akan dioperasikan pada tekanan kerja 5 bar dan temperatur kerja 180oC. Selanjutnya, panas yang dihasilkan oleh sistem ini harus dapat memenuhi temperatur yang dibutuhkan oleh masing-masing tangki bahan bakar. Oleh karena itu, diperlukan beberapa analisa untuk memastikan bahwa sistem thermal oil yang telah dipasang pada 17500 LTDW Product Oil Tanker aman untuk dioperasikan dan sesuai dengan persyaratan desain yang ada. Skripsi ini menganalisa keandalan pipa yang digunakan pada sistem perpipaan thermal oil yang berada di dalam tangki bahan bakar (heating coil), yaitu dengan cara melakukan analisa tegangan pipa. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan Software Caesar II dan ASME B31.3. sebagai standar kode pipa. Selain itu, skripsi ini menganalisa proses perpindahan panas yang terjadi di sepanjang jalur distribusi thermal oil. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem thermal oil yang telah terpasang mampu menghantarkan panas sesuai dengan nilai yang diinginkan. Hasil simulasi analisa tegangan pipa yang dilakukan menunjukkan hasil yang memuaskan, dimana tegangan yang terjadi pada pipa koil pemanas di storage tank portside, storage tank starboard, settling tank, service tank portside, dan service tank starboard adalah sebesar 12530,5 kPa, 14336 kPa, 3953,1 kPa, 3079,7 kPa, dan 3079,8 kPa. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai semua tegangan yang terjadi pada pipa koil pemanas tangki-tangki bahan bakar lebih rendah dibandingkan dengan nilai tegangan pipa yang diijinkan (allowable stress), yaitu 135190,7 kPa. Hasil perhitungan analisa perpindahan panas juga menunjukkan hasil yang memuaskan, dimana nilai perpindahan panas yang terjadi selama jalur distribusi thermal oil ke tangki-tangki bahan bakar sesuai dengan desain yang ada, yaitu 180oC untuk temperatur thermal oil masuk ke dalam tangki-tangki bahan bakar dan 140oC untuk keluaran temperatur thermal oil dari tangki-tangki bahan bakar.
================================================================================
The thermal oil system is one of the important systems onboard. This system is
used to heat fuel which will be used in the operation of the main engine, auxiliary
engine, and boiler. In its process, it needs suitable equipment (able to withstand
the working pressure and temperature) to support the operation of this system.
The thermal oil system is already installed on MT. Parigi, but has not been tested
yet. This system will be operated at working pressure and working temperature
of 5 kgf/cm2 and 180oC, respectively. Furthermore, the heat which is produced by
thermal oil system must be able to fulfill the required temperature of each fuel
tank. Therefore, it is needed some analyses to ensure that the thermal oil system
that has been installed on 17500 LTDW Product Oil Tanker is safe to operate and
appropriate with the design requirement.
This bachelor thesis analyzes the reliability of pipes that used in thermal oil piping
system inside the fuel tanks (heating coil), by doing a pipe stress analysis. This
pipe stress analysis is done by using Caesar II Software, with ASME B31.3., as code
standard. Moreover, this thesis analyzes heat transfer process along distribution
line of thermal oil piping system. This is intended to define is the thermal oil
system able to transfer heat according to the designed value.
The result of simulation for pipe stress analysis shows a satisfied result, where the
stress that happened in storage tank portside, storage tank starboard, settling
tank, service tank portside, and service tank starboard are 12530,5 kPa, 14336
kPa, 3953,1 kPa, 3079,7 kPa, and 3079,8 kPa, respectively. These stress results
mean that all stress happened in each heating coil pipe of the tanks are lower
than the allowable stress of the pipe, namely 135190,7 kPa. The result of heat
transfer analysis also shows a satisfied result, in which the heat transfer process of thermal oil along distribution line into the fuel oil tanks is appropriate with the
design value, namely 180oC for input temperature into the fuel tanks and 140oC
for output temperature of thermal oil from the fuel tanks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Thermal Oil System, 17500 LTDW Product Oil Tanker, Pipe Stress Analysis, Heating Coil, Caesar II, Heat Transfer Analysis, Distribution Line, Fuel Oil Tanks
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Juda Imanuel Osvaldo Panggabean
Date Deposited: 28 Sep 2017 02:55
Last Modified: 06 Mar 2019 07:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45086

Actions (login required)

View Item View Item