Perencanaan Ulang Jalan Surabaya – Gresik Km. 3+175 – Km. 7+185 Menggunakan Perkerasan Jalan Beton Dengan Metode PPCP (Precast Prestress Concrete Pavement)

Efendi, Aris (2017) Perencanaan Ulang Jalan Surabaya – Gresik Km. 3+175 – Km. 7+185 Menggunakan Perkerasan Jalan Beton Dengan Metode PPCP (Precast Prestress Concrete Pavement). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3115105018-Undergraduate_Theses.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Menurut Pedoman Pelaksanaan Perkerasan Beton Semen Pracetak-Prategang (Kementrian Pekerjaan Umum, 2015) bahwa Beton Semen Pracetak-Prategang atau PPCP (Precast Prestress Concrete Pavement) adalah solusi alternatif sebagai perkerasan jalan beton yang lebih tipis, mutu yang lebih terkendali jika dibandingkan dengan perkerasan jalan beton konvensional. Telah diketahui bahwa struktur perkerasan jalan beton konvensional terdapat kelemahan pada sambungan melintang dan perkuatan nya yaitu salah satunya terjadi retak sehingga mempengaruhi kenyamanan berkendara. Dan didasarkan pada beberapa keunggulan dari beton konvensional yaitu pelakasanaan pekerjaan yang lebih cepat dengan berupa panel – panel pracetak yang langsung dipasang ketika kondisi lapangan sudah siap utuk dikerjakan. Metode analisa yang digunakan adalah dengan perhitungan perencanaan perkerasan jalan beton semen (PD T-14-2003), Pedoman Pelaksanaan Pekerasan Beton Semen Pracetak – Prategang dan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung (SNI2847:2013). Analisa perhitungan perkerasan jalan beton metode PPCP ini mulai dari perhitungan tebal pelat sampai besarnya stressing pada panjang stressing 140 m (1 segmen). Hasil perhitungan yang dilakukan didapat tebal pekerasan beton konvensional pada dengan tebal 350 mm hanya sampai pada umur rencana (UR) 5 tahun sedangkan tebal perkerasan dengan metode PPCP dengan umur yang sama didapatkan tebal 200 mm atau lebih tipis karena adanya baja prategang yang membuat beton lebih mampu menahan tarik akibat beban. Baja prategang (strand) yang digunakan diameter 12,7 mm dengan jumlah pada setiap tendon/duct 2(dua) unit strand yang masing – masing terpasang setiap meter pada panel ukuran 3,5 m x 12 m dan 3,5 m x 9,5 m yang di pasang pada 1 segmen sepanjang 140 m dan distressing setengah dari panjang 1 segmen tersebut atau sepanjang 70 m pada kedua sisi. Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekerjaan ini adalah sebesar Rp. 45.396.766.905,26 (Empat Puluh Lima Milyar Tiga Ratus Sembilan Puluh Enam Juta Tujuh Ratus Enam Puluh Enam Ribu Sembilan Ratus Lima Koma Dua Puluh Enam Rupiah). ================================================================================================== According to Pedoman Pelaksanaan Perkerasan Beton Semen Pracetak-Prategang (Kementrian Pekerjaan Umum, 2015), Precast Prestress Concrete Pavemen (PPCP) is a thinner alternative for concrete pavement, which the quality is more controllable than conventional concrete pavement. We knows that conventional concrete pavement structure has a weakness on transverse joint and one of reinforcement had cracked. So it is affect the comfort of driving. Based on some of the advantages of conventional concrete is has faster construction with precast panels whose direct installed when the conditions are ready. The analysis method used by calculating “Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003), Pedoman Pelaksanaan Pekerasan Beton Semen Pracetak – Prategang dan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung (SNI2847:2013). The concrete pavement analysisis calculated using PPCP method, it begin from calculating plate thickness to stressing amount at 140 m stressing length (1 segment). The calculation result of conventional concrete pavemet with 350 mm thickness only effective in 5 years old. While the thickness of pavement with PPCP method with the same age was found thick 200 mm or thinner. It caused Prestressed steel makes concrete more able to hold tensile loads. Prestressed steel (strand) used 12.7 mm diameters has 2 (two) pcs strand on tendon. Which each other installed every one meter on panel with size 3,5 m x 12 m and 3,5 m x 9,5 m. It’s installed on one segment along 140 m and distressing a half of the length or 70 m on both sides.Budgetting for this project is Rp. 45.396.766.905,26 (Spelling number Forty-five billion three hundreds nine ninty six million and seven hundred sixty six thousand and nine hundred five coma twenty six rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Ulang Jalan, Beton Konvensional, Metode PPCP (Precast Prestress Concrete Pavement)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aris Efendi .
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:03
Last Modified: 27 Jan 2020 02:03
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/45177

Actions (login required)

View Item View Item