Perencanaan Sistem Pendingin Ruang Muat Kapal Khusus Pengangkut Daging Sapi (Reefer Ship) Rute Nusa Tenggara Timur (NTT) - Jakarta

Bahri, Syaiful (2017) Perencanaan Sistem Pendingin Ruang Muat Kapal Khusus Pengangkut Daging Sapi (Reefer Ship) Rute Nusa Tenggara Timur (NTT) - Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213100086-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4213100086-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permintaan daging sapi di wilayah Jakarta dan sekitarnya terus meningkat, maka diperlukan supply komoditi daging sapi dari daerah lain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan sarana transportasi pendukung pengiriman komoditi daging sapi yang memadai. Kapal khusus pengangkut daging sapi (reefer ship) diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan dapat menggantikan kapal ternak pengangkut sapi, karena kapal ini dapat mengangkut daging sapi jauh lebih banyak dengan berat yang sama. Sistem pendinginan yang efektif sesuai dengan jumlah daging sapi yang dimuat diperlukan agar daging sapi tetap awet dan layak konsumsi. Dalam hal ini merencanakan insulasi ruang muat kapal dengan polyurethane foam dilapisi aluminium bagian dalam ruang muat dengan ketebalan 150 mm dan menggunakan sistem pendingin tidak langsung (indirect expansion system) pada reefer ship. Produk didinginkan pada temperatur 0°C, direncanakan ruang muat menjadi tiga zona pendingin. Sehingga didapatkan empat buah chiller dengan satu stand by sebagai pembangkit sistem pendingin utama dengan cooling capacity masing-masing 286 kW menggunakan refrigeran R-134A yang selanjutnya mendinginkan refrigeran kedua prophylene glycol 30% yang disirkulasikan oleh pompa berkapasitas 153,83 m3/h dan head 19,56 meter dengan power motor 10,84 kW menuju air cooler yang berada pada sembilan ruang muat kapal yang telah dibagi menjadi tiga zona ruang pendngin masing-masing cooling capacity 108 kW dengan power motor 2,71 kW. Untuk mendinginkan kondensor chiller menggunakan air laut yang disirukulasikan oleh pompa berkapasitas 126,48 m3/h dan head pompa 9,31 meter dengan power motor 4,53 kW.

=======================================================================

The demand of beef in Jakarta and surrounding areas continues increases, hence the supply commodities of beef from other regions needed. To fulfill the requirement, it is necessary to adequate transportation of beef. Special ship carrier of meat (reefer ship) is expected to satisfy these needs and can replace the ship carrier of cattle, as it can transport much beef in same weight. An effective refrigeration system accordance to the amount of beef required to keep the beef durable and consuming. In this case design of the insulation in the cargo hold using polyurethane foam is coated aluminum with a thickness of 150 mm and using indirect expansion system at reefer ship. The product is cooled at 0 °C, the planned load space into three zones of cooling space, so we get chiller as a main refrigeration plant with cooling capacity 286 kW using refrigerant R-134A which further cools the secondary refrigerant propylene glycol 30% recirculated by a pump with a capacity and head is 153.83 m3/h - 19.56 meters with a 10.84 kW power motor. Air cooler spesification in each cargo hold cooling capacity 108 kW with 2,71 kW motors. To cool the chiller condenser using seawater which is pumped by a pump with a capacity and head 126.48 m3/h - 9,31 meters with 4.53 kW motor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.824 5 Bah p
Uncontrolled Keywords: Reefer Ship, Daging Sapi, Indirect Expansion System.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syaiful Bahri
Date Deposited: 08 Nov 2017 02:34
Last Modified: 08 Mar 2019 03:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45483

Actions (login required)

View Item View Item